Sukabumi Update

Doa Sahur dan Buka Puasa Bacaan Latin Lengkap dengan Artinya

Ilustrasi. Doa sahur dan doa buka puasa menjadi amalan yang sebaiknya tidak ditinggalkan untuk mendapatkan keberkahan dari Allah SWT | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Doa sahur dan doa buka puasa menjadi amalan yang sangat dianjurkan diamalkan di bulan Ramadan untuk mengawali dan mengakhiri ibadah puasa Ramadan.

Puasa Ramadan sendiri menjadi salah satu ibadah wajib dan termasuk rukun Islam yang ke empat. Puasa Ramadan wajib dilakukan setiap Muslim yang beriman serta telah akil baligh.

Membaca doa sahur dan doa buka puasa diyakini akan menjadikan kita mendapat keberkahan dari Allah SWT selain menjalankan ibadah wajib bulan Ramadan.

Baca Juga: Doa Agar Dijauhkan dari Rasa Malas Beribadah selama Ramadan

Agar puasa dapat berjalan lancar dan diterima oleh Allah SWT, berikut doa sahur dan buka puasa untuk diamalkan dengan baik dilansir dari Suara.com.

Doa Sahur Ramadan

Memulai puasa Ramadhan harus disertai dengan niat. Niat Puasa diucapkan saat sebelum matahari terbit atau saat malam hari.

Niat Puasa dan sekaligus doa sahur untuk Puasa Ramadhan ialah sebagai berikut:

Nawaitu shauma ghodin 'an adaa'i fardhi syahri romadhoona hadihis-sanati lillahi ta'aalaa.

Baca Juga: Doa dan Cara untuk Menghilangkan Kecanduan Film Porno, Insyaallah Bisa!

Artinya: Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala.

Doa sahur tersebut dapat diucapkan sebelum imsak.

Doa Buka Puasa Ramadan

Buka Puasa Ramadhan juga harus disertai niat sebagai wujud nyata kita dapat bersyukur atas karunia dan nikmat yang kita dapatkan. Tidak hanya berupa makanan yang dapat kita santap saat berbuka tetapi juga berkah kesehatan sehingga kita dapat menikmati Ramadhan lagi.

Baca Juga: 3 Doa Pagi Hari, Amalkan Sebelum Memulai Aktivitas Keseharian

Berikut bacaan doa buka puasa yang diamalkan setiap berbuka puasa.

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin

Artinya: Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.

Demikian uraian singkat mengenai doa sahur dan buka puasa, semoga bermanfaat untuk mempertebal iman dan takwa Anda kepada Tuhan yang Maha Esa.

Sumber: Suara.com/Mutaya Saroh

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT