Sukabumi Update

7 Tips Mengkhatamkan Al-Qur’an di Bulan Ramadan, Yuk Dicoba!

7 Tips Mengkhatamkan Al-Qur’an di Bulan Ramadan, Yuk Dicoba!. | (Sumber : Pixabay.com/cahiwak.)
SUKABUMIUPDATE.com - Bulan suci Ramadan merupakan momentum umat Muslim untuk memperbanyak amal shaleh. Salah satu amalan yang dapat dikerjakan umat Muslim adalah membaca Al-Qur’an.
 
Membaca Al-Qur’an sendiri lebih dikenal dengan tadarus Al-Qur’an. Selama bulan Ramadan, kita memang dianjurkan untuk mengamalkannya. Selain manfaat dan keutamaannya, membaca Al-Qur’an di bulan Ramadan dapat melipatgandakan pahala.
 
Bahkan, di bulan Ramadan, banyak orang-orang yang berlomba-lomba untuk mengkhatamkan Al-Qur’an. Bagi sebagian orang, mengkhatamkan Al-Qur’an di bulan Ramadan adalah hal yang mudah.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Resep Omelet Sehat dan Praktis, Cocok untuk Menu Sahur

 
Akan tetapi, hal itu tidak termasuk untuk orang-orang yang jarang membaca Al-Qur’an. Apalagi orang itu tidak memiliki niat dan semangat untuk mengkhatamkan Al-Qur’an.
 
Nah, berikut ini ada beberapa tips efektif bagi orang-orang yang ingin mengkhatam Al-Qur’an di bulan suci Ramadan. Dikutip via Akurat.co, simak 7 tipsnya dibawah ini.
 
1. Mantapkan Niat
 
Niat merupakan hal yang sangat penting dalam setiap pekerjaan. Menetapkan niat untuk menamatkan bacaan Al-Qur’an selama bulan Ramadan akan memacu semangat kita untuk dapat mewujudkannya. 
 

Baca Juga: 5 Ide Menu Buka Puasa Ramadan untuk Anak, Sederhana dan Praktis

Hendaknya diniatkan mengkhatamkan Al-Qur’an tulus dan ikhlas untuk mencapai rida Allah semata.
 
2. Membuat Perencanaan
 
Waktu paling cepat menamatkan Al-Qur’an adalah selama 3 hari dan paling lama selama 30 hari atau satu bulan. Jika kita ingin khatam Al-Qur’an selama tiga hari, maka selama sehari semalam kita harus membaca sepuluh juz Al-Qur’an. 
 
Jika dibaca setiap selesai salat fardhu, maka kita wajib membaca dua juz Al-Qur’an setiap selesai salat atau satu juz sebelum salat dan satu juz setelah salat.

Baca Juga: 5 Tips Jualan Saat Ramadan Agar Cepat Laris, Jangan Lupa Beri Diskon!

 
Begitu pula jika kita ingin menamatkan Al-Qur’an satu kali selama bulan Ramadan maka setiap hari kita wajib menamatkan satu juz Al-Qur’an dengan cara membaca dua lembar setiap waktu salat karena pada mushaf standar, satu juz Al-Qur’an rata-rata dua puluh halaman.
 
3. Bawa Al-Qur’an kemanapun kamu pergi
 
Untuk memudahkan membaca Al-Qur’an setiap selesai waktu salat atau ketika sedang ada waktu luang, sebaiknya kamu memiliki Al-Qur’an saku yang dapat dibawa kemana-mana. Kamu juga bisa menginstal aplikasi Al-Qur’an diqital di ponsel pintar kamu.
 
4. Pahami ayat-ayat Al-Qur’an yang kamu baca
 
Untuk menambah semangat serta manfaat dari bacaan Al-Qur’an, kamu sebaiknya juga membaca arti dari ayat-ayat Al-Qur’an yang sudah kamu baca. Dengan cara ini, membaca Al-Qur’an menjadi momen yang sangat menggembirakan dan menambah pengetahuan agama.

Baca Juga: 4 Keutamaan 10 Hari Pertama Puasa Bulan Ramadan, Waktu Mustajab untuk Berdoa

 
5. Baca Al-Qur’an Bersama-sama
 
Ajak teman atau saudara untuk ikut menamatkan Al-Qur’an selama bulan Ramadan. Membaca Al-Qur’an bersama teman akan memudahkanmu untuk memperbaiki bacaan dengan cara satu orang membaca dan yang lainnya menyimak secara bergantian. Acara membaca Al-Qur’an bersama juga dapat diikuti dengan pengkajian ayat serta tafsir Al-Qur’an.
 
6. Baca Al-Qur’an Kapanpun dan Dimanapun
 
Semisal target mengkhatamkan Al-Qur’an di bulan Ramadan hanya 1 kali, membaca 2 hingga 4 lembar sehabis shalat sudah cukup. Namun, jika ingin mengkhatamkannya lebih dari satu kali, maka jangan lupa membaca Al-Qur’an dimanapun kamu berada.
 
7. Baca Setelah Selesai Shalat 5 Waktu
 
Al Qur'an umumnya memiliki jumlah 600 halaman. Bagi kamu yang ingin mengkhatamkan Al-Qur’an 1 kali dalam sebulan, bisa membacanya sebanyak 4 halaman setiap habis shalat 5 waktu. Namun, jika ingin mengkhatamkan Al-Qur’an 2 kali dalam sebulan, maka harus membaca sekitar 8 halaman setiap habis shalat 5 waktu.
 

Baca Juga: Pacaran Saat Puasa Ramadan Apakah Membatalkan Puasa? Simak Penjelasannya

Nah, jika kamu ingin mengkhatamkan Al-Qur’an sebanyak 3 kali, dianjurkan untuk membaca sekitar 12 halaman setelah sholat 5 waktu.
 
Itulah cara mudah untuk khatam Al-Qur’an selama bulan Ramadan. Mari isi Ramadan dengan kegiatan positif dan amal saleh.
 
Sumber: Akurat.co

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT