Sukabumi Update

3 Bentuk Sabar Selama Puasa Bulan Ramadan, Pahalanya Tidak Terbatas!

Ilustrasi.3 Bentuk Sabar Selama Puasa Bulan Ramadan, Pahalanya Tidak Terbatas! (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Seperti yang sudah diketahui, bulan Ramadan merupakan bulan paling suci, dimana banyak umat muslim yang berlomba-lomba untuk melakukan berbagai macam ibadah agar mendapatkan pahala.

Selain ibadah puasa, umat muslim di bulan Ramadan juga dianjurkan mengerjakan ibadah sunnah untuk memperbanyak pahala.

Sementara itu Imam Ibu Rajab al-Hanbali (w.7795 h) menyebutkan, jika bulan Ramadan dikatakan sebagai bulan yang penuh kesabaran atau pelatihan kesabaran umat muslim.

Baca Juga: Kecelakaan Bus Jemaah Umrah Tewaskan 20 Orang: KJRI Cek Kemungkinan Ada WNI

Hal tersebut diunggkapkan oleh Nabi Muhammad SAW:

“Puasa itu separuh (dari) sabar.” (Imam Ibnu Rajab al-Hanbali, Lathâ’if al-Ma’ârif fî mâ li Mawâsîm al-‘Âm min al-Wadhâ’if, Kairo: Dar al-Hadits, 2002, h. 207)

Sebelumnya, dalam kitab yang sama, Imam Ibnu Rajab al-Hanbali mengatakan bahwa pahala berpuasa di bulan Ramadhan akan berlipat ganda. Dan kelipatannya tidak terbatas dalam jumlah tertentu.

Hal ini terkait dengan predikat Ramadhan sebagai bulan kesabaran. Dalam Al-Quran, pahala orang-orang bersabar tidak dibatasi di bilangan tertentu. Hal itu telah diungkap oleh Allah SWT, yang berfirman:

Baca Juga: Hukum Berpacaran di Bulan Ramadan, Batalkan Puasa atau Tidak?

“Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas” (Imam Ibnu Rajab al-Hanbali, Lathâ’if al-Ma’ârif fî mâ li Mawâsîm al-‘Âm min al-Wadhâ’if, 2002, h. 207)

Sementara itu, disebutkan ada tiga bentuk kesabaran dalam bulan Ramadan yang diungkap oleh Imam Ibnu Rajab al-Hanbali, seperti yang dilansir dari NU Online.

“Ada tiga macam sabar: (1) Sabar atas ketaatan kepada Allah, (2) Sabar atas (menjauhi) hal-hal yang diharamkan Allah, dan (3) Sabar atas ketetapan Allah yang pahit (atau susah).”

(Imam Ibnu Rajab al-Hanbali, Lathâ’if al-Ma’ârif fî mâ li Mawâsîm al-‘Âm min al-Wadhâ’if, 2002, h. 208)

Oleh sebab itu untuk kaum muslimin dan muslimah sebaiknya perbanyaklah bersabar saat menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadan ini, agar diberikan pahala yang tidak terbatas oleh Allah SWT.

Sumber: Suara.com

Editor : Reza

Tags :
BERITA TERKAIT