Sukabumi Update

5 Amalan untuk Wanita Haid di Bulan Ramadan, Salah Satunya Perbanyak Sedekah

5 Amalan untuk Wanita Haid di Bulan Ramadan, Salah Satunya Perbanyak Sedekah. | (Sumber : Freepik.com/@ rawpixel.com.)
SUKABUMIUPDATE.com - Wanita yang sedang haid masih bisa mendapatkan pahala berlimpah di bulan Ramadan, sekalipun sedang tidak berpuasa. Mereka bisa melakukan amalan-amalan yang pahalanya seperti orang yang puasa.
 
Diketahui, memang siklus bulanan yang dialami oleh wanita seperti haid maupun nifas sangat menghalangi kaum wanita untuk berpuasa sebulan penuh dibulan Ramadan.
 
Meskipun begitu, para wanita yang sedang haid tak perlu sedih dan berkecil hati. Sebab, ada banyak amalan yang bisa dilakukan untuk meraih pahala berlipat di bulan Ramadan.

Baca Juga: 7 Tips Mengkhatamkan Al-Qur’an di Bulan Ramadan, Yuk Dicoba!

 
Nah, berikut ini 5 amalan di bulan Ramadan bagi wanita haid yang bisa mendatangkan pahala bagi yang mengamalkannya dikutip via Suara.com.
 
1. Menyiapkan Hidangan Buka Puasa
 
Amalan di bulan Ramadan bagi wanita haid yang pertama adalah menghidangkan makanan untuk berbuka puasa. Bahkan orang yang memberi makan orang berbuka puasa dapat mendatangkan pahala baginya. Hal ini sebagaimana telah tercantum dalam sebuah hadist sebagai berikut.

Baca Juga: Pacaran Saat Puasa Ramadan Apakah Membatalkan Puasa? Simak Penjelasannya

 
Dari Zaid bin Khalid Al Juhani berkata,Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang memberi makan orang yang berbuka, dia mendapatkan seperti pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun”. (HR At-Tirmidzi)
 
2. Perbanyak Sedekah
 
Bersedekah menjadi amalan yang mendatangkan banyak pahala tak terkecuali bagi wanita yang sedang haid dan tidak dapat melaksanakan ibadah di bulan Ramadan. Ini salah satu amalan di bulan Ramadan bagi wanita haid yang bisa dicoba.
 
Hal ini sebagaimana Rasulullah SAW pernah bersabda, "Wahai kaum wanita! Bersedekahlah kamu dan perbanyaklah istighfar. Karena, aku melihat kaum wanitalah yang paling banyak menjadi penghuni neraka.” (HR. Muslim)
 
3. Mendengarkan Ayat-ayat Suci Al-Quran
 
Meskipun wanita haid tidak diperbolehkan membaca Al-Quran ketika sedang haid, wanita dapat mendengarkan lantunan bacaan ayat suci Al-Quran. Diriwayatkan hadist Ibnu Majah, Dari Aisyah RA berkata, “Rasulullah SAW meletakkan kepalanya di pangkuanku saat aku sedang haid, dan ia membaca Al-Quran.” (HR. Ibnu Majah)
 
4.  Menuntut Ilmu
 
Pada bulan Ramadan, banyak majelis ilmu yang mengadakan kajian mengenai keislaman. Wanita yang sedang haid disarankan untuk menghadiri majelis ilmu untuk menambah pengetahuan mengenai nilai-nilai keislaman. 

Baca Juga: 3 Manfaat Kolang Kaling yang Kerap Hadir Jadi Menu Takjil Puasa Ramadan

 
Hal ini sebagaimana dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW berkata, “Barangsiapa menempuh suatu jalan untuk menuntut Ilmu, Niscaya Allah Subhanahu wa Ta’ala menunjukkan jalan menuju Surga Baginya”. (HR. Muslim)
 
5. Membaca Berdzikir dan Berdoa
 
Amalan di bulan Ramadan bagi wanita haid lainnya yakni memperbanyak dzikir dan berdoa kepada Allah SWT untuk meminta perlindungan dan ampunan kepadaNya. Para ulama sepakat bahwa istighfar, dzikir dan berdoa tidak disyaratkan harus dalam keadaan suci dari hadas kecil maupun hadas besar. 

Baca Juga: 6 Ibadah di Bulan Ramadan yang Dianjurkan Bagi Umat Muslim

 
Demikian 5 amalan bulan Ramadan bagi wanita haid yang bisa mendatangkan pahala dan dianjurkan untuk dilakukan. Semoga bermanfaat!
 
Sumber: Suara.com (Muhammad Zuhdi Hidayat)

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT