Sukabumi Update

Amalan Malam Nuzulul Quran: Bacaan Dzikir Mengingat Peristiwa Turunnya Alquran

Ilustrasi. Amalan Malam Nuzulul Quran: Bacaan Dzikir Mengingat Peristiwa Turunnya Alquran (Sumber : | Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Peristiwa Nuzulul Quran jatuh pada 17 Ramadan, di tahun ini bertepatan dengan tanggal 8 April 2023. Itu artinya Malam Nuzulul Quran jatuh pada hari Minggu mendatang.

Ketika Nuzulul Quran tiba, ada beberapa amalan yang bisa dilakukan oleh umat Muslim. Amalan Malam Nuzulul Quran tersebut yakni melaksanakan ibadah shalat malam, berdoa, berdzikir, Tadarus Alquran, bersholawat, Itikaf, dan bersedekah.

Baca Juga: Bukan Nyi Roro! Kanjeng Ratu Kidul Roh Dewa Pemimpin Gaib Pantai Selatan

Mengingat keistimewaan Alquran, tak heran jika umat Muslim gencar melakukan amalan di malam Nuzulul Quran, salah satunya dengan membaca Dzikir.

Berikut Bacaan Dzikir Nuzulul Quran, Amalan Sunnah Umat Muslim di bulan Ramadan, dirangkum dari berbagai sumber via Suara.com:

Bacaan Dzikir Nuzulul Quran

"Allaahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur aan, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur aan, wa hassin a’maalanaa bi dzikril qur aan, wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur aan, wa adkhilnal jannata bi syafaa’til qur aan."

Artinya: "Ya Allah sinarilah hati kami sebab membaca Alquran, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Alquran, baguskanlah amalan kami karena Dzikir lewat Alquran, selamatkan kami dari api neraka karena kemuliaan Alquran, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafa’at Alquran."

Baca Juga: Link Download GB WhatsApp 2023, Mod Apk WA dengan Fitur Tambahan

Seperti diketahui, Alquran diturunkan dari Lauhul Majfuzh ke Baitul 'Izzah, langit dunia dan selanjutnya diturunkan pada Nabi Muhammad SAW. Adapun surat pertama yang turun ke bumi adalah Al Alaq ayat 1 - ayat 5.

Hal ini sesuai dengan firman Allah yang bunyinya sebagai berikut:

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar."

Alquran sendiri tak diturunkan sekaligus karena turunnya ke bumi terjadi secara berangsur melalui Nabi Muhammad SAW dan membutuhkan waktu sekitar 23 tahun.

Baca Juga: 22 Babasan Sunda dan Artinya, Contohnya Ceuli Léntaheun

Seperti diketahui, Malam Nuzulul Quran adalah malam turunnya Alquran, kitab suci agama Islam. Hal ini sudah sesuai dengan Pengertian Nuzulul Quran jika dilihat berdasarkan asal katanya.

Kata nuzul yang secara harfiah berarti menurunkkan sesuatu dari tempat yang tinggi menuju ke tempat yang rendah, sedangkan quran artinya Alquran yaitu kitab suci umat Islam.

Selain menjadi pedoman hidup umat muslim selama di dunia, Alquran juga merupakan salah satu mukjizat terbesar yang diturunkan Allah SWT pada Nabi Muhammad SAW.

Sumber: Suara.com/Rima Suliastini

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT