Sukabumi Update

Apakah Mencicipi Masakan Saat Puasa Ramadan Bikin Batal? Simak Hukumnya

Ilustrasi - Apakah Mencicipi Masakan Saat Puasa Ramadan Bikin Batal? Simak Hukumnya. | (Sumber : Freepik.com/@ our-team.)
SUKABUMIUPDATE.com - Saat Ramadan, menyiapkan menu buka puasa adalah hal biasa yang dilakukan oleh para ibu. Terkadang mereka pun harus mencicipi rasa makanan yang nantinya akan disajikan.
 
Namun, mencicipi makanan saat masak di bulan Ramadan, membuat sebagian para ibu merasa ragu dan khawatir puasanya batal. 
 
Lantas, bagaimana hukumnya dalam Islam jika orang sedang berpuasa lalu mencicipi makanan untuk berbuka puasa, apakah puasanya tetap sah atau malah batal?

Baca Juga: Apakah Merokok Saat Puasa Ramadan Bikin Batal? Simak Penjelasannya

 
Nah, berikut ini penjelasan mencicipi makanan saat sedang berpuasa yang mengutip NU Online via Suara.com.
 
Dalam salah satu pendapat yang dikatakan Ibnu Abbas, mencicipi makanan saat puasa adalah hal yang diperbolehkan. Namun, makanan yang dicicipi tersebut tidak boleh tertelan atau masuk ke kerongkongannya.
 
“Diriwayatkan dari Ibn Abbas, ia berkata, tidak masalah apabila seseorang yang berpuasa mencicipi cuka atau sesuatu selama tidak masuk kerongkongan/memakan.” (Musannaf Ibn Abi Syaibah, juz 2, halaman: 304).

Baca Juga: Onani atau Masturbasi Saat Puasa Ramadan Apakah Bikin Batal? Simak Hukumnya

 
Sementara itu, dalam Hasyiyatusy Syarqawi ‘ala Tuhfatith Thullab, Syekh Abdullah bin Hijazi asy-Syarqawi mengatakan, mencicipi makanan saat sedang berpuasa hukumnya adalah makruh. Pasalnya, hal tersebut berisiko membuat makanan tertelan.
 
Namun, di sisi lain hal tersebut tidak akan menjadi makruh jika orang yang memasak mencicipi makanannya demi anaknya yang sedang sakit.
 
“Di antara sejumlah makruh dalam berpuasa ialah mencicipi makanan karena dikhawatirkan akan mengantarkannya sampai ke tenggorokan. Dengan kata lain, khawatir terlanjur tertelan masuk, lantaran sangat dominannya syahwat (untuk makan). Kemakruhan itu sebenarnya terletak pada tidak adanya hajat tertentu dari orang yang mencicipi makanan itu. Beda hukumnya bila tukang masak dan orang yang masak untuk menyuapi anak kecilnya yang sedang sakit, maka mencicipi makanan tidaklah makruh. Demikian penuturan Az-Zayadi.”

Baca Juga: 6 Ibadah di Bulan Ramadan yang Dianjurkan Bagi Umat Muslim

 
Untuk itu, saat mencicipi makanan diusahakan harus berhati-hati. Seseorang dapat melakukannya dengan menjulurkan lidahnya hingga menyentuh makanan. Setelah dirasakan sebentar, segera buang kembali tanpa ada yang tertelan sedikitpun.
 
Hal tersebut akan sangat membantu meminimalisir adanya makanan yang tertelan. Dengan demikian, puasa yang dijalankan juga tetap sah dan berkah.
 
Sumber: Suara.com

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT