Sukabumi Update

Menjalankan Puasa Ramadan tapi Meninggalkan Salat Wajib? Ini Kata Ustadz Adi Hidayat

Ustadz Adi Hidayat memberikan tanggapan menurut Islam tentang seseorang yang menjalankan ibadah puasa Ramadan tapi meninggalkan salat lima waktu | Foto: Youtube/@Adi Hidayat Official

SUKABUMIUPDATE.com - Menjalankan ibadah puasa Ramadan merupakan suatu kewajiban bagi setiap umat Islam yang telah akil baligh serta sehat rohani dan jasmani.

Namun, dalam Islam ibadah wajib bukan hanya puasa Ramadan tapi yang paling utama yaitu salat wajib lima waktu (Shubuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib dan Isya).

Lalu bagaimana jika seseorang rajin menjalankan ibadah puasa Ramadan namun meninggalkan salat wajib lima waktu? Seperti diketahui baik puasa Ramadan maupun salat lima waktu merupakan ibadah yang sama-sama masuk dalam Rukun Islam.

Baca Juga: Apa Hukumnya Berhubungan Intim Karena Lupa saat Puasa? Ini Kata Buya Yahya

Melansir dari pekanbaru.suara.com, penceramah Ustadz Adi Hidayat (UAH) menjawab tentang apa hukumnya meninggalkan shalat lima waktu padahal sedang menjalankan puasa Ramadhan.

Menjawab pertanyaan di atas, Ustadz Adi Hidayat atau akrab disapa UAH pada satu kajian menjawab pertanyaan jamaahnya.

Hukum bagi orang menjalankan ibadah puasa, tapi meninggalkan shalat 5 waktu maka disebut bermaksiat.

Nabi Muhammad SAW pernah menyampaikan berupa peringatan keras bagi orang-orang yang berpuasa tapi tetap bermaksiat.

Baca Juga: Pandangan Ustadz Adi Hidayat Tentang Nonton Drakor, Ternyata Begini Hukumnya

“Siapapun yang puasa, meninggalkan makan minumnya. Tapi tidak terputus dengan kata-kata yang kotor, yang jorok, perbuatan yang tercela, maka Allah tidak butuh pada puasanya,” ungkap Ustadz Adi Hidayat pada Kanal YouTube Audio Dakwah.

Kemudian UAH menegaskan, dari pernyataan di atas sudah sangat menjelaskan dengan tegas bagaimana hukumnya bagi orang yang meninggalkan shalat juga berbuat maksiat.

“Itu jelas sekali, jangankan masalah shalat, masalah perilaku saja dinilai,” katanya.

Sumber: pekanbaru.suara.com

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT