Sukabumi Update

Bacaan Dzikir Nuzulul Quran, Amalkan saat Malam Diturunkannya Al-Quran

Ilustrasi. Bacaan Dzikir Nuzulul Quran, Amalkan saat Malam Diturunkannya Al-Quran (Sumber : Freepik/letart)

SUKABUMIUPDATE.com - Peristiwa malam Nuzulul Quran merupakan malam yang perlu diingat oleh umat muslim, karena pada pada saat itu Allah SWT menurunkan Al-Quran yang diwahyukan pada Nabi Muhammad SAW.

Pada malam Nuzulul Quran, umat muslim dianjurkan untuk mengamalkan berbagai hal salah satunya adalah berdzikir.

Dan berikut adalah bacaan dzikir di malam Nuzulul Quran untuk mengingat peristiwa diturunkannya Al-Quran, seperti melansir dari Suara.com.

Baca Juga: 7 Tempat Berburu Takjil di Kota Sukabumi, Sekalian Ngabuburit

Bacaan Dzikir Nuzulul Quran

Allaahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur aan, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur aan, wa hassin a’maalanaa bi dzikril qur aan, wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur aan, wa adkhilnal jannata bi syafaa’til qur aan.

Artinya: "Ya Allah sinarilah hati kami sebab membaca Al-Quran, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Al-Quran, baguskanlah amalan kami karena berdzikir lewat Al-Quran, selamatkan kami dari api neraka karena kemuliaan Al-Quran, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafa’at Al-Quran."

Seperti yang kita ketahui, Al-Quran diturunkan dari Lauhul Mahfuz ke Baitul 'Izzah, langit dunia dan selanjutnya diturunkan pada Nabi Muhammad SAW. Adapun surat pertama yang turun ke bumi adalah Al Alaq ayat 1 - ayat 5.

Hal ini sesuai dengan firman Allah yang bunyinya sebagai berikut: "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar."

Al-Quran sendiri tak diturunkan sekaligus karena turunnya ke bumi terjadi secara berangsur melalui Nabi Muhammad dan membutuhkan waktu sekitar 23 tahun.

Demikian penjelasan tentang bacaan dzikir Nuzulul Quran. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat diterima juga diamalkan oleh para pembaca.

Sumber: Suara.com (Rima Suliastini)

Editor : Reza

Tags :
BERITA TERKAIT