Sukabumi Update

Jangan Tinggalkan Makan Sahur! Ini 7 Dampak Buruk Puasa Tanpa Sahur bagi Kesehatan

Ilustrasi. Puasa tanpa sahur diketahui dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti gangguan lambung hingga dehidrasi | Foto: Freepik/odua

SUKABUMIUPDATE.com - Makan sahur menjadi salah satu amalan sunnah di bulan Ramadan yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Waktu sahur juga diketahui memiliki beberapa keutamaan salah satunya bisa mendapatkan berkah dari Allah SWT.

Namun, makan sahur bukan hanya dianjurkan oleh agama tapi juga memiliki banyak manfaat dari segi kesehatan. Bahkan ada beberapa dampak buruk bagi kesehatan jika berpuasa tanpa menjalankan sahur terlebih dulu.

Beberapa efek yang langsung terasa jika berpuasa tanpa sahur yaitu tubuh di siang hari bisa menjadi lemas dan mengalami banyak gangguan kesehatan.

Berpuasa tanpa sahur juga menjadi semakin berbahaya bagi orang yang memiliki kondisi kesehatan rawan, seperti diabetes. Melansir dari Tempo.co, gula darah rendah (hipoglikemia) akan menjadi pemicu penyakit saat tubuh Anda tidak tersuplai kalori yang cukup.

Baca Juga: Inilah Deretan Pahala Puasa Ramadan Hari 1 Hingga 30, Penuh Kebaikan Luar Biasa

Dikutip dari Gulfnews, berikut beberapa cara agar tidak telat sahur yang bisa Anda lakukan: Makan secukupnya saat buka puasa dan pastikan apa yang Anda konsumsi bergizi seimbang tanpa mengancam tubuh. Selain itu, rajinlah untuk mencari berbagai referensi menu puasa dan memasaknya bersama orang-orang tercinta. Hindari 7 bahaya akibat tidak sahur berikut:

1. Pusing

Sakit kepala atau pusing terjadi karena tubuh kekurangan cairan ataupun asupan kalori sehingga menyebabkan dehidrasi hingga hipoglikemia pada taraf bahaya. Hal ini menyangkut gejala debaran jantung tidak normal, keringat dingin, linglung, sesak nafas, hingga pingsan.

Jika Anda menghadapi ini, maka segeralah membatalkan puasa demi kesehatan. Lalu, konsumsi minuman atau makanan yang mengandung gula secukupnya dan beristirahat.

Baca Juga: Kenapa Buka Puasa Harus dengan Yang Manis? Ternyata Ini 5 Manfaatnya

2. Dehidrasi

Sebelum waktu imsak tiba, orang-orang yang berniat puasa akan berbondong-bondong minum air putih segar sebanyak-banyaknya. Dengan demikian, kebutuhan cairan dalam tubuh akan terpenuhi. Lakukan pola 8 gelas per hari saat berbuka puasa hingga sahur. Imbangi juga kebutuhan cairan tubuh Anda melalui konsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan kandungan air seperti semangka.

3. Kekurangan Gizi (Malanutrisi)

Malanutrisi sebenarnya adalah keadaan gizi di dalam tubuh yang tidak seimbang. Terutama saat Anda bolos sahur sehingga asupan vitamin, mineral, dan protein membuat kinerja tubuh terhambat. Malanutrisi akan mengacaukan konsentrasi Anda, membuat depresi, kehilangan lemak, hingga gangguan massa otot.

Baca Juga: 5 Manfaat Mengonsumsi Sari Kurma Untuk Kesehatan Saat Puasa Ramadan

4. Kelelahan

Nutrisi seperti zinc, vitamin A, dan vitamin C harus terpenuhi untuk daya tahan tubuh. Namun, akibat sahur yang tidak Anda tunaikan membuat tubuh mudah lelah dan tertular penyakit. Hal ini juga dikarenakan Anda kehilangan kalori sebagai sumber energi yang seharusnya bisa diolah oleh tubuh.

5. Masalah Lambung

Perut Anda yang kosong, tetapi harus menjalani puasa selama kurang lebih 13 jam akan menjadikan tubuh rentan lapar dan perih. Salah satunya karena produksi asam lambung yang tinggi meskipun Anda tidak memiliki riwayat masalah asam lambung sebelumnya.

Kondisi ini disebut maag juga penyakit GERD dalam taraf bahaya. Di mana cairan asam lambung Anda akan naik ke kerongkongan yang ototnya sedang melemah karena nutrisi tidak terpenuhi.

Baca Juga: Resep Ramuan Untuk Penderita Asam Lambung dari dr Zaidul Akbar Agar Aman Berpuasa

6. Menurunnya Konsentrasi

Tanpa sahur, tubuh juga akan kekurangan energi sehingga menurunkan konsentrasi dan daya ingat Anda. Hal ini akan mengancam produktivitas Anda terutama saat bekerja atau belajar. Selain itu, tidak makan sahur juga membuat Anda cenderung makan berlebihan saat berbuka puasa karena dianggap sebagai ajang balas dendam. Padahal, hal ini hanya membuat Anda rawan terkena penyakit obesitas.

7. Keseimbangan Tubuh Menurun

Tidak makan sahur otomatis akan membuat kehilangan keseimbangan tubuh Anda. Nah, kemampuan keseimbangan terganggu yang bisa Anda identifikasi dengan vertigo yang muncul setelah sakit kepala yang parah. Tenangkan dan tidurkan tubuh Anda jika mengalaminya. Lalu, makanlah segera, jangan memaksa diri untuk melanjutkan puasa di hari tersebut.

Sumber: Tempo.co/Nia Heppy | Alfi Muna Syarifah

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT