Sukabumi Update

Ini Amalan Agar Mendapatkan Keistimewaan Malam Lailatul Qadar Menurut Buya Yahya

Ilustrasi. Buya Yahya mengungkapkan tentang amalan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keistimewaan malam Lailatul Qadar | Foto: Freepik/h9images

SUKABUMIUPDATE.com - Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang penting bagi umat Islam selama bulan Ramadhan. Malam tersebut diyakini sebagai malam ketika ayat pertama Alquran diturunkan kepada Nabi Muhammad oleh Allah SWT.

Tanggal pasti malam ini tidak diketahui, tetapi diyakini jatuh pada salah satu malam ganjil selama sepuluh hari terakhir Ramadhan.

Diyakini juga bahwa pahala perbuatan baik yang dilakukan pada malam ini lebih besar daripada yang dilakukan pada seribu bulan. Karena itu, umat Islam menghabiskan malam ini dengan ibadah, mencari pengampunan dan berkah Allah SWT.

Baca Juga: Kenapa Manusia Tidak Bisa Berhenti Berbuat Dosa? Ini Penjelasan Ustadz Buya Yahya

Melansir dari Tasikmalaya.suara.com, tidak semua umat muslim bisa merasakan keistimewaan dan keberkahan dari malam Lailatul Qadar tersebut.

Lantas, bagaimana cara kita sebagai umat muslim dapat mendapatkan keistimewaan dan keberkahan dari malam Lailatul Qadar itu?

Dalam sebuah tausiahnya, Buya Yahya membeberkan sebuah amalan yang bisa dilakukan umat muslim agar bisa mendapatkan keistimewaan malam Lailatul Qadar.

Tidak ada yang tahu kapan malam Lailatul Qadar itu akan datang. Hal ini bertujuan agar umat muslim dapat berlomba-lomba dalam ibadah setiap malam di bulan Ramadhan.

Baca Juga: Buya Yahya Bagikan Cara Hidup Indah dan Bahagia ala Nabi: Merasa Cukup

Namun, sebagian ulama menyebutkan jika malam Lailatul Qadar akan datang di tanggal ganjil 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

“Di 10 hari terakhir bulan Ramadhan, di hari yang ganjil Imam Syafi'i cenderung di malam 21 Ramadhan,” kata Buya Yahya.

Buya Yahya menjelaskan jika umat muslim selalu menghidupkan bulan Ramadhan dari awal hingga akhir, maka tidak menutup kemungkinan mereka akan mendapatkan keistimewaan malam Lailatul Qadar.

"Menunggu Malam Lailatul Qadar caranya dengan menghidupkan Ramadhan, dan mereka telah menunggu dari awal Ramadhan hingga akhir Ramadhan, maka kesempatan mendapatkan malam mulia tersebut 100 persen," kata Buya Yahya.

Baca Juga: 3 Cara Mengetahui Jawaban Shalat Istikharah Menurut Ustadz Adi Hidayat

Di samping itu, Buya Yahya menyampaikan apa yang selalu Nabi Muhammad SAW lakukan di 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

“Di 10 hari Ramadhan, Nabi selalu beritikaf. Ada juga yang mengatakan itikaf harus sehari semalam, ada juga yang mengatakan boleh itikaf hanya sebentar. Duduk masjid, kemudian dia berdoa kepada Allah, maka dia akan mendapat pahala,” ungkap Buya Yahya.

Penting untuk dilakukan agar bisa meraih keistimewaan malam Lailatul Qadar adalah dengan mengurangi kemaksiatan.

“Di samping itu kita juga harus mengurangi kemaksiatan. Hal ini yang harus selalu diperhatikan,” kata Buya Yahya.

Baca Juga: Ustadz Adi Hidayat Bagikan 3 Tips Agar Amal Puasa Diterima Allah SWT

Adapun doa yang selalu diajarkan Nabi SAW kepada Sayyidina Aisyah saat memasuki malam Lailatul Qadar agar selalu diamalkan oleh umat muslim.

“Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwan fa'fu 'anni.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, dan Engkau suka memberi maaf, maka maafkan aku.”

Sumber: Tasikmalaya.suara.com

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT