Sukabumi Update

Ukuran 2,5x4 cm, Alquran Mini Jadi Warisan Sesepuh Warga Pangandaran

Ukuran 2,5 x 4 cm, Alquran Mini Jadi Warisan Sesepuh Warga Pangandaran (Sumber : Instagram/@wartakotalive)

SUKABUMIUPDATE.com - Alquran atau Qur'an, adalah Kitab Suci umat Islam yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad. Kitab suci Alquran terdiri dari 30 Juz dan 114 Surat.

Sementara jumlah ayat dalam Alquran ini ada beberapa pendapat. Pertama Alquran terdiri dari 6666 ayat, kemudian pendapat kedua menyebut 6348 ayat dengan rincian 6236 ayat ditambah 112 kalimat basmalah di sejumlah awalan surat, dikutip via Kemenag Banjarnegara.

Alquran yang berisi firman Allah SWT ini tentu padat dengan makna-makna kehidupan. Tak heran, lembaran ayat suci dalam satu Kitab Suci Alquran cenderung tebal.

Baca Juga: Kenapa Cuaca Panas Belakangan Ini? Simak Penjelasan dan Data BMKG!

Namun berbeda dengan warga Pangandaran satu ini. Namanya Harno, warga Desa Cibogo, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran yang mendapatkan warisan Alquran unik dari para sesepuh keluarganya.

Pasalnya, ukuran Alquran milik Harno sangat kecil alias mini. Selain itu usianya juga sudah mencapai ratusan tahun, seperti dikutip via SuaraJabar.id (Portal Suara.com).

Harno mengaku, Kitab Suci yang dimilikinya itu tidak mudah untuk dicari dan dibeli.

“Alquran ini ada sejak buyut saya masih hidup dan diturunkan ke generasi penerus, termasuk ke saya,” ujar Herno.

Baca Juga: 4000 Kacamata Disiapkan, Pengamatan Gerhana Matahari Total 2023

Lebih jauh Harno menyebut, ukuran Alquran miliknya berukuran lebar 2,5 sentimeter dan panjang 4 sentimeter. Ya, ini Alquran mini.

Kemudian, tulisan Arabnya pun sangat kecil dan gundul.

“Jadi untuk membaca Alquran tersebut bagi warga yang mata penglihatannya bermasalah, mesti menggunakan alat atau cermin lensa pembesar baru terlihat jelas,” katanya.

Herno mengaku tidak akan menjual Alquran mini tersebut. Ia mengaku sempat ada yang mengetahui dan datang ke rumah dan menawar untuk membelinya.

“Namun tetap kami tidak akan menjualnya, mengingat Alquran ini warisan dari sesepuh keluarga,” ucapnya.

Baca Juga: Penjelasan Ustadz Abdul Somad Tentang Pahala Membaca Alquran Pakai HP

“Ada yang datang ke rumah sempat hendak membeli dengan jumlah uang puluhan juta rupiah, kita tetap tidak menjualnya,” katanya lagi.

Sementara itu Alquran mini yang kecil dan kuno tersebut masih tersimpan dan rapi serta dibungkus dengan menggunakan kain putih.

Sumber: SuaraJabar.id (Portal Suara.com)

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT