Sukabumi Update

Ustadz Abdul Somad Ungkap Pahala Puasa Langsung Hangus Akibat Alasan 'Sepele' ini

Ustadz Abdul Somad mengungkapkan perkara yang bisa menyebabkan pahala puasa hangus seketika (Sumber : Instagram/@sahabat.surga.id)

SUKABUMIUPDATE.com - Di bulan Ramadan umat Islam diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa setiap harinya selama sebulan penuh. Allah SWT telah menjanjikan pahala yang berlimpah bagi kaum Muslim yang menjalankan ibadah puasa Ramadan ini.

Dalam berpuasa umat Muslim diwajibkan untuk menahan lapar, haus, serta hawa nafsu sejak subuh sampai maghrib demi merengkuh pahala sebesar-besarnya.

Namun, umat Muslim perlu berhati-hati lantaran pahala puasa Ramadan yang begitu besar itu bisa sirna seketika akibat hal sepele yang dilakukan.

Melansir dari metro.suara.com hal ini seperti disampaikan Ustaz Abdul Somad dalam kajian unggahan kanal YouTube TAMAN SURGA NET bertajuk "Dosa Hati yang Menghanguskan Pahala Ibadah Puasa Ramadan".

Pendakwah kelahiran 1977 itu mengungkit isi surat Al-Falaq ayat 5 yang bunyinya, "Wamin syarri hasidin idza hasad", yang berarti, "Dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki".

Rupanya penyakit hati yang dimaksud adalah iri dengki alias hasad. "Nama orang yang kena penyakitnya Hasidin, mohon maaf kalau kebetulan namanya sama," jelas Ustadz Abdul Somad, dikutip pada Minggu (9/4/2023).

Lantas seberapa bahayanya penyakit hati ini? Ustadz Abdul Somad menyebut penyakit hati satu ini dapat menghapus semua amal ibadah yang telah diperbuat seorang Muslim.

Bahkan saking berbahayanya, pahala dari amal ibadah yang sudah tercatat di surga pun dapat dikeluarkan apabila seorang Muslim tersebut memiliki sifat iri dengki kepada sesamanya.

"Penyakit ini sangat mengerikan sampai-sampai yang sudah di dalam surga pun bisa dikeluarkan," terang Ustadz Abdul Somad.

Ustadz Abdul Somad lantas menceritakan lebih jauh soal penyakit hati hasad menurut Imam Ghazali. Disebutkan bila hasad merupakan penyakit hati di mana seseorang tidak senang apabila melihat orang lain senang.

Seperti itulah ulasan mengenai alasan "sepele" yang dapat membuat ibadah puasa Ramadan berakhir sia-sia karena pahalanya hangus seketika. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Sumber: metro.suara.com

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT