Sukabumi Update

Penjelasan Ustadz Abdul Somad Soal Itikaf, Amalan di 10 Hari Terakhir Ramadan

Ilustrasi. Ustadz Abdul Somad menjelaskan yang dimaksud dengan Itikaf dan hal apa saja yang harus dilakukan ketika melaksanakan Itikaf (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Tak terasa bulan Ramadan telah mendekati akhir. Ada banyak amalan yang dianjurkan di bulan suci ini dan menjadi kesempatan untuk Umat Muslim meraih pahala sebanyak-banyaknya.

Salah satu amalan yang dianjurkan yaitu Itikaf di masjid. Amalan ini biasa dikerjakan di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan. Di waktu tersebut juga dipercaya terdapat malam yang begitu istimewa yakni malam Lailatul Qadar.

Mungkin banyak yang belum tahu apa itu Itikaf yang dianjurkan dilaksanakan di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan, berikut jawaban dari Ustadz Abdul Somad.

Baca Juga: Keutamaan Itikaf di Masjid saat Bulan Ramadan, Meraih Malam Lailatul Qadar

Mengutip dari Bandung.suara.com, Ustadz Abdul Somad pun menjawab bahwa Itikaf menurut bahasa adalah berhenti sejenak atau berhenti di suatu tempat. Entah itu tempat yang baik ataupun yang tidak baik.

Sementara Itikaf menurut syariat islam adalah menetap di dalam masjid. Maksud dari menetap itu bukan semata-mata hanya terdiam dan duduk-duduk di masjid, tetapi ada ibadah yang juga kita lakukan.

Ustadz Abdul Somad menjelaskan bahwa ada lima hal atau amalan yang dapat dilakukan ketika sedang melaksanakan Itikaf.

Baca Juga: Hukum Menikah dengan Sepupu Menurut Islam, Ini Penjelasan Buya Yahya

Hal yang pertama adalah sholat. Ketika sedang Itikaf atau berdiam di masjid lakukanlah sholat sebanyak mungkin. Entah itu sholat hajat, sholat taubat, atau sholat-sholat sunnah lainnya.

Hal kedua yaitu membaca Al Quran. Perbanyak membaca Al Quran ketika kita sedang melaksanakan Itikaf.

Ketiga yaitu berdzikir. Berdzikirlah sebanyak-banyaknya ketika sedang Itikaf untuk mengingat Allah SWT.

Hal keempat yang bisa kita lakukan ketika kita sedang Itikaf adalah membaca buku agama, baik buku-buku hadis ataupun buku lainnya yang dapat membuat kita mengetahui lebih banyak tentang agama kita.

Baca Juga: Apa Hukumnya Berhubungan Intim Karena Lupa saat Puasa? Ini Kata Buya Yahya

Yang terakhir adalah muhasabah diri atau merenung. Mengevaluasi semua hal yang pernah kita lakukan selama setahun kebelakang.

Sumber: Bandung.suara.com/Alina (Youtube Abdul Somad Official)

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT