Sukabumi Update

7 Amalan Sunnah Idul Fitri: Pakai Baju Lebaran dan Makan Sebelum Shalat Ied

Ilustrasi. Amalan Sunnah Idul Fitri, Pakai Baju Lebaran, Parfum dan Makan Sebelum Shalat | Foto: Pexels/RODNAE Productions

SUKABUMIUPDATE.com - Ketika umat Muslim mulai bertanya kapan menapaki Malam Lailatul Qadar, mereka juga cenderung menantikan Hari Raya Idul Fitri atau lebaran. Antusiasme umat Muslim semakin dirasakan menuju sepuluh malam terakhir bulan Ramadan.

Tak heran, Amalan Sunnah Hari Raya Idul Fitri mulai diingat dari sekarang guna menjadi pundi-pundi pahala saat lebaran tahun ini.

Amalan Sunnah Hari Raya Idul Fitri tak hanya dianjurkan untuk membersihkan diri (baca: Mandi) dan Makan Sebelum Shalat Ied saja. Akan tetapi ada beberapa Amalan Sunnah yang bisa dilakukan.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Studio Foto di Sukabumi Lengkap Alamat dan Harganya

Melansir dari berbagai sumber via Suara.com, berikut beberapa Amalan Sunnah yang sebaiknya diamalkan saat Hari Raya Idul Fitri:

1. Perbanyak Takbir 

Amalan Sunnah yang bisa dilakukan sebelum pelaksanaan Shalat Idul Fitri seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW yaitu mengumandangkan Takbir.

Itulah mengapa umat Muslim  kerap melaksanakan takbiran pada malam sampai pagi sebelum tiba waktu Shalat Ied.

2. Mandi  

Amalan sunnah Shalat Idul Fitri lainnya yang bisa dilakukan sebelum shalat Ied yaitu mandi. Ini juga diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW sebagaimana dalam hadis berikut ini:  

"Dan dari Amdullah bin Abbas RA, ia berkata, 'Bahwasannya Nabi Muhammad SAW mandi pada Hari Idul Fitri dan Idul Adha."  (HR Imam Ibnu Majah) 

3. Pakai Baju Lebaran atau Pakaian Terbaik 

Sebelum Shalat Idul Fitri, amalan lainnya yang juga bisa dilakukan yaitu pakai pakaian terbaik karena momen Idul Fitri ini momen istimewa dan dilakukan setahun sekali.

Maka dari itu, disunnahkan agar umat Muslim mengenakan pakaian terbaik saat Shalat Ied dan menyarakan hari kemenangan. 

4. Makan sebelum Shalat Ied

Makan juga jadi salah satu amalan yang bisa dilakukan oleh umat Muslim saat akan melaksanakan Shalat Ied. Hal ini juga dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW saat akan melaksanakan Shalat Idul Fitri sebagaimana dalam hadis berikut ini:

Baca Juga: Tuyul Botak Pencuri Uang, UAS: Golongan Jin Kafir Seperti Nyi Roro Kidul

"Pada hari Idul Fitri, Rasulullah SAW tidak keluar untuk shalat hingga beliau makan terlebih dahulu. Sementara pada Hari Raya Idul Adha (Nahr), beliau tidak makan hingga kembali (dari shalat),” (HR Imam Ibnu Majah)

5. Saling Mengucapkan Selamat 

Amalan Sunnah lainnya yang bisa dilakukan sebelum melaksanakan Shalat Idul Fitri yaitu saling memberikan ucapan selamat pada sanak saudara sembari mengucapkan:

Taqabbalallahu minna wa minkum.

Artinya: "Semoga Allah menerima amal ibadah kami dan amal ibadah kalian semua."

6. Jalan Berbeda saat Berangkat dan Pulang 

Umat Muslim juga disunnahkan untuk mengambil jalan berbeda saat berangkat dan pulang Shalat Idul Fitri sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari berikut ini:

"Nabi Muhammad SAW ketika hari raya mengambil jalan yang berbeda (antara pergi dan pulangnya)." (HR Imam Bukhari) 

7. Pakai Parfum

Pakai wewangian atau Parfum juga salah satu amalan sunnah yang bisa dilakukan umat Muslim sebelum melaksanakan Shalat Idul Fitri. Ini tertuang dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Al Hakim berkut ini:

Ali bin Abi Thalib ra berkata: "Rasulullah SAW menyuruh kami agar memakai pakaian terbaik dan Parfum terbaik yang kamu miliki pada dua hari raya." (HR. Imam Al-Hakim).

Baca Juga: Tol Bocimi Seksi 2 Gratis, Cek Titik Macet Mudik Lebaran 2023 di Sukabumi

Diketahui, Shalat Idul Fitri atau Shalat Ied dikerjakan pada tanggal 1 Syawal. Ini berlangsung saat waktu terbitnya matahari sampai matahari bergeser ke arah waktu dzuhur.

Shalat Ied biasanya dilakukan berjama’ah di masjid atau lapangan terbuka.

Sumber : Suara.com/Ulil Azmi

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT