Sukabumi Update

Sabar Jangan Dulu Emosi, Ini 7 Tips Hadapi Pertanyaan Menyebalkan Saat Lebaran

Ilustrasi - Sabar Jangan Dulu Emosi, Ini 7 Tips Hadapi Pertanyaan Menyebalkan Saat Lebaran. | (Sumber : Freepik.com/@ rawpixel.com.)
SUKABUMIUPDATE.com - Saat perayaan lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah momen dimana keluarga besar akan saling berkumpul untuk saling silaturahmi dan maaf-maafan.
 
Pada kesempatan tersebut biasanya dimanfaatkan untuk bertegur sapa dengan sanak saudara yang sudah lama tidak bertemu. Namun, pada momen kumpul lebaran bersama keluarga besar, ada salah satu hal yang paling menyebalkan.
 
Momen lebaran itu adalah pertanyaan-pertanyaan menyebalkan yang selalu mengarah ke diri pribadi. Meskipun sebenarnya kamu merasa risih dan marah, tapi ada beberapa tips untuk mengatasi hal itu.
 

Baca Juga: SMAN 1 Cibadak Gelar Aksi Smandak Peduli dengan Tema “Ramadhan Berbagi”

Kamu hanya perlu tenang dan jangan emosi lalu pelajarilah tips-tips dibawah ini agar pertanyaan dari keluarga besar di dijawab dengan lancar.
 
Berikut ini 7 tips menghadapi pertanyaan menyebalkan saat lebaran yang dikutip via Akurat.co.
 
1. Dengarkan pertanyaan dengan seksama
 
Penting untuk mendengarkan pertanyaan dengan seksama dan benar agar bisa memberikan jawaban yang sesuai. Hindari menginterupsi atau memotong pembicaraan saat orang lain masih berbicara karena bisa mengganggu proses komunikasi.
 
Baca Juga: Persib Bandung vs Persikabo 1973: Susunan Pemain, Head to Head dan Prediksi Skor
 
 
Dengarkanlah dengan seksama agar bisa memahami maksud dari pertanyaan tersebut. Hal ini juga penting, agar terhindar dari adanya kesalahpahaman. Dengan demikian pula kamu bisa menjawab pertanyaan tersebut lebih hati-hati dan jangan terpancing emosi.
 
2. Tetap tenang dan santai
 
Menerima pertanyaan yang kurang mengenakkan bisa membuat emosi kita cepat memuncak, namun cobalah untuk tetap tenang dan santai.
 
Pastikan kamu tidak terbawa emosi. Sebab, menjawab dengan emosi yang sama atau kasar hanya akan memperburuk situasi dan memicu perdebatan yang tidak perlu.
 

Baca Juga: Persija Jakarta vs PSS Sleman: Rekor Pertemuan, Susunan Pemain dan Prediksi Skor

 
Cobalah untuk bernapas dalam-dalam dan tetap tenang sebelum memberikan jawaban yang tepat.
 
3. Jangan merasa terancam
 
Jangan merasa terancam atau merasa perlu membela diri saat mendapatkan pertanyaan menyebalkan yang kurang menyenangkan. Cobalah untuk menjawab dengan tenang dan bijak tanpa merasa tersinggung atau terserang.
 
Jika merasa pertanyaan tersebut tidak pantas atau mengandung provokasi, maka bisa dijawab dengan sopan dan elegan. Jika perlu, kamu bisa menghindari orang yang memberikan pertanyaan tersebut.
 
4. Jangan terlalu personal
 
Pada saat lebaran, kamu biasanya bertemu dengan banyak orang, termasuk orang-orang yang tidak terlalu akrab denganmu.
 
Oleh karena itu, cobalah untuk menghindari membahas masalah-masalah pribadi atau hal-hal yang terlalu personal. Sebab terkadang membahas masalah pribadi bisa membuat orang merasa tidak nyaman.
 

Baca Juga: Persebaya Surabaya vs Dewa United: Catatan Pertemuan, Susunan Pemain dan Skor

 
Fokuslah pada hal-hal yang positif dan menyenangkan untuk menghindari situasi yang tidak menyenangkan.
 
5. Beri jawaban bijak dengan senyuman
 
Momen silaturahmi lebaran seharusnya menjadi momen untuk saling memaafkan kesalahan satu sama lain. Tapi, jika kamu menemukan ada orang yang menimpali pertanyaan-pertanyaan menyebalkan, sebaiknya kamu menghindarinya.
 
Daripada menjawab dengan jawaban yang juga menyebalkan dan kurang sopan, lebih baik kamu menjawabnya singkat dengan tersenyum dan pergi meninggalkan orang tersebut.
 
Hal ini justru akan lebih baik untuk menghindari hal-hal buruk yang bisa membuat momen saling bermaaf-maafan jadi tidak afdol. Ingatlah bahwa orang sabar jauh lebih baik daripada menunjukkan emosinya yang meluap.
 
6. Jujur dan minta dukungan keluarga
 
Jika kamu punya keberanian yang lebih, tak ada salahnya kalau kamu mau menjawab pertanyaan sensitif itu dengan jujur. Misalnya jika kamu ditanya "kapan lulus" tapi sebenarnya kamu sedang terkendala oleh skripsi, katakan saja dengan jujur.
 
Hal ini akan semakin baik jika kamu juga meminta dukungan keluarga. Karena kamu masih terkendala dengan skripsimu, mintalah doa dan dukungan dari mereka agar skripsimu bisa segera selesai.
 

Baca Juga: 5 Fakta Ratu Jelita, Pedangdut Asal Sukabumi yang Punya Suara Merdu

 
Jawaban semacam ini justru akan bernilai positif dan kamu juga mendapatkan tambahan doa dan dukungan dari si penanya. Jadi jangan sungkan untuk menjawab dengan jujur.
 
7. Alihkan pembicaraan
 
Kalau kamu sudah sangat jengkel dengan pertanyaan-pertanyaan yang sangat penasaran dengan kehidupan pribadimu, kamu bisa pakai jurus mengalihkan pembicaraan, lho. 
 
Yup, cara ini adalah cara yang cukup ampuh. Kamu bisa tetap melakukan pembicaraan tanpa harus membicarakan hal-hal yang menurutmu sensitif.
 
Tapi, cara ini tidak bisa sembarangan dilakukan. Pasalnya, jika kamu tidak melakukannya dengan hati-hati, bisa jadi pertanyaan sensitif itu terulang.
 
Nah, itulah beberapa tips untuk menghadapi pertanyaan menyebalkan yang hanya basa basi saat silaturahmi Lebaran. Kalau kamu pilih menjawab dengan cara yang mana?
 
Sumber: Akurat.co
 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT