Sukabumi Update

5 Cara Cegah Microsleep saat Mudik Lebaran yang Jadi Dalang Kecelakaan

Ilustrasi. 5 Cara Cegah Microsleep saat Mudik Lebaran yang Jadi Dalang Kecelakaan (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Puncak arus mudik lebaran 2023 sudah tiba. Aturan cuti bersama dari pemerintah berlaku hari ini, Rabu (19/4/2023).

Namun ada baiknya sebelum melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, para pemudik mempersiapkan segala hal dan yang paling utama adalah kondisi fisik.

Seperti diketahui, kondisi fisik sangat penting untuk dijaga selama berkendara, terutama jika Anda harus menyetir. 

Baca Juga: 9 Rekomendasi Hotel di Sukabumi Beserta Harganya, Untuk Staycation Libur Lebaran

Seperti diketahui, mengantuk adalah salah satu penyebab kecelakaan tertinggi yang dialami pemudik, microsleep juga kerap dialami para pemudik ketika berkendara. 

Mengutip dari Halodoc, microsleep merupakan hilangnya kesadaran atau proses tidur secara tiba-tiba dalam waktu singkat yang hanya dalam hitungan detik dan diakhiri dengan hentakan keras sebagai tanda seseorang ketiduran tiba-tiba.

Ilustrasi. Tata Cara Sholat dalam Kendaraan, Solusi Jika Kena Macet Mudik Lebaran 2023

Untuk mencegah terjadinya microsleep yang menjadi dalang utama penyebab kecelakaan saat mudik, berikut adalah cara mencegah microsleep yang menghimpun dari Yousay.id.

Baca Juga: 30 Link Download Gambar Ucapan Idul Fitri 2023 Gratis untuk Update di Media Sosial

1. Tidur Cukup Sebelum Melakukan Perjalanan

Setidaknya seminggu sebelum memutuskan mudik, ada baiknya jika pemudik terutama yang membawa kendaraan melakukan tidur cukup dan berkualitas agar menjaga tubuh tetap fit dan tidak kelelahan ketika melakukan perjalanan mudik.

2. Jangan Konsumsi Obat Sebelum Mengendarai Kendaraan

Hindari minum obat sebelum mengendarai kendaraan. Banyak sekali obat yang beredar di pasaran yang bisa menyebabkan kantuk. Tentu saja hal tersebut berisiko bagi pemudik yang mengendarai kendaraan.

3. Minum Kopi Atau Makan Permen

Minumlah kopi untuk membuat mata terjaga. Mengutip Alodokter, kopi mengandung kafein yang terdapat zat stimulan sehingga bisa merangsang kerja dan juga aktivitas sistem saraf sehingga bisa menghilangkan rasa kantuk dan sensasi segar.

Anda juga bisa mengunyah permen karet atau makan dan minum yang rasanya asam yang bisa merangsang mata Anda tetap segar.

4. Menepikan Kendaraan Untuk Beristirahat Sejenak

Jika rasa kantuk sudah sulit dikontrol dan khawatir akan terjadi microsleep, maka tepikan kendaraan lalu beristirahatlah dan tidur sejenak demi keamanan dan kenyamanan bersama selama dalam perjalanan.

5. Mengobrol

Temanilah sopir mengobrol selama dalam perjalanan, adanya aktivitas percakapan bersama teman mengobrol membantu sopir bisa tetap terjaga dan mampu menghilangkan rasa kantuk yang bisa menyebabkan microsleep.

Agar keamanan tetap terjaga, maka Anda bisa mengikuti tips mencegah microsleep di atas untuk menghindari kecelakaan dalam perjalanan mudik menggunakan kendaraan.

Semoga Anda para pemudik bisa selamat sampai tujuan dan kembali utuh bersama keluarga. Selamat mudik ya!

Sumber: Yoursay.id (Portal Suara.com)

Editor : Reza

Tags :
BERITA TERKAIT