Sukabumi Update

6 Tradisi Unik Lebaran di Berbagai Negara, Salah Satunya di Indonesia

6 Tradisi Unik Lebaran di Berbagai Negara, Salah Satunya di Indonesia. | (Sumber : Freepik.com/@rawpixel.com.)

SUKABUMIUPDATE.com - Perayaan Hari Raya Idul Fitri setiap tahunnya menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Muslim. Namun, tahukah kamu jika perayaan lebaran di berbagai negara dunia memiliki tradisi unik yang berbeda-beda?

Negara-negara ini mempunyai cara tersendiri untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri. Sebagian ada melakukan pertunjukan seni, makanan khas hingga halal bihalal.

Nah, penasaran dengan tradisi unik lebaran dari berbagai negara belahan dunia ini, simak ulasannya dibawah ini yang dikutip via Yoursay.id

1. Tradisi Unik Lebaran di Indonesia

Negara kita Indonesia memiliki keunikan tersendiri saat merayakan momen lebaran idul fitri. Setelah selesai melaksanakan sholat ied berjamaah, setiap keluarga akan berkunjung kerumah tetangga, kerabat, dan keluarga besar untuk melaksanakan halal bihalal.

Baca Juga: 10 Ucapan Idul Fitri Untuk Calon Mertua, Pererat Silaturahmi dan Melancarkan Restu

Tujuan dari halal bihalal ini sendiri adalah saling memaafkan atas semua kesalahan yang pernah dibuat selama ini. Selain itu, halal bihalal juga dimaksudkan untuk mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan antar sesama umat muslim.

2. Tradisi Unik Lebaran di Arab Saudi

Arab Saudi juga memiliki keunikannya tersendiri ketika merayakan momen lebaran. Umat muslim di negara ini akan mengadakan pagelaran teater, pembacaan puisi, parade musik, tari dan berbagai pertunjukkan seni lainnya.

3. Tradisi Unik Lebaran di Turki

Umat muslim di Turki memiliki sebutan unik pada hari lebaran idul fitri, yakni "Bayram" dan menggunakan pakaian khusus bernama "Bayramlik" saat perayaan lebaran.

Selain itu mereka juga menerapkan tradisi yang hampir mirip dengan Indonesia, yakni memberikan hormat kepada orang yang lebih tua dengan cara mencium tangan atau bersujud di hadapan mereka.

Baca Juga: 3 Doa Mudik, Dibaca Saat Naik Kendaraan Darat, Laut Maupun Udara

Di sana juga ada tradisi keliling dari rumah ke rumah untuk memberikan ucapan selamat lebaran. Uniknya sholat ied yang dilaksanakan di Turki hanya dilaksanakan oleh para laki-laki saja, sedangkan para wanita akan melakukannya di rumah masing-masing.

Lebih lanjut, perayaan lebaran di Turki juga diisi dengan festival gula, dimana mereka akan memberikan coklat, permen, uang koin atau makanan khas Turki.

4. Tradisi Unik Lebaran di India

Meski islam menjadi agama minoritas di India, namun jumlah umat muslim di negara ini termasuk salah satu yang terbanyak di dunia. Maka tak heran rasanya, jika umat muslim di India juga memiliki tradisi unik untuk merayakan lebaran.

Baca Juga: 6 Cara Nabi Muhammad SAW Saat Merayakan Hari Raya Idul Fitri

Setelah melaksanakan sholat ied, umat muslim di India akan bersilaturahmi ke rumah tetangga, kerabat, dan keluarga besar sembari menyantap hidangan khusus berupa Siwaiyaan, yakni campuran bihun manis dengan susu dan buah-buahan kering.

5. Tradisi Unik Lebaran di Afghanistan

Negara dengan mayoritas umat muslim ini juga punya cara unik tersendiri saat merayakan hari lebaran. Mereka akan melakukan perang telur atau tanding telur. Dalam tradisi ini, para warga dari berbagai kalangan usia berkumpul di taman dan mencoba untuk memecahkan telur rebus yang telah dihiasi dengan desain dan warna cerah.

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Film Horor Sewu Dino, Diangkat Dari Kisah Nyata!

Kemudian, dua orang atau lebih pun mulai memukul telur tersebut. Jika pemain berhasil memukul dan memecahkan telur yang dibawa oleh lawannya, artinya ia berhasil memenangkan permainan tersebut dan sebaliknya jika telurnya pecah dalam proses penyerangan berarti dia kalah.

6. Tradisi Unik Lebaran di Mesir

Tradisi lebaran di Mesir juga menerapkan silaturahmi dengan sesama umat muslim. Bedanya, mereka tidak melakukan silaturahmi tersebut dengan berkeliling rumah tetangga sekitar.

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Usai AC Milan Singkirkan Napoli di Liga Champions

Sebaliknya, mereka akan berkumpul bersama dengan keluarga sambil dengan menyantap hidangan khas lebaran berupa Ranja, yakni makanan yang terbuat dari ikan dan campuran acar.

Itulah tadi pembahasan tentang enam tradisi lebaran yang unik di Dunia, semoga bermanfaat!

Sumber: Yoursay.suara.com (Portal Suara.com)

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT