Sukabumi Update

Ini 4 Amalan Hari Terakhir Ramadan yang Dilakukan Rasulullah SAW

Ilustrasi.  Ini 4 Amalan Hari Terakhir Ramadan yang Dilakukan Rasulullah SAW (Sumber: Pixabay)

SUKABUMIUPDATE.com - Tinggal menghitung jam untuk merayakan Idul Fitri. Di hari terakhir Ramadan ini tentu saja ada amalan istimewa yang dianjurkan untuk dilakukan oleh umat muslim. 

Seperti tercantum dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, dari  Aisyah Ra, Rasulullah SAW sangat bersungguh-sungguh (beribadah) pada sepuluh hari terakhir (bulan Ramadan), melebihi kesungguhan beribadah di selain (malam) tersebut. 

Dari hadist tersebut tentu saja sebagai umat muslim tidak ingin menyia-nyiakan hari terakhir puasa ini.

Baca Juga: 50 Link Download Gambar Ucapan Idul Fitri Gratis, Untuk Jadi Status di Medsos

Oleh karena disini kami bagikan empat amalan hari terakhir Ramadan yang dilakukan Rasulullah SAW seperti menghimpun dari Kementerian Agama via Suara.com.

1. Memperpanjang Sholat Malam

Ilustrasi Jamak Sholat Maghrib dan Isya

Pada sepuluh malam terakhir, Rasulullah Saw tidak tidur, lambung dia dan para sahabat amat jauh dari tempat tidur. 

Sebaliknya, Rasulullah menghidupkan malam-malam tersebut untuk beribadah, salat, dan zikir hingga waktu fajar. 

Kebiasaan beribadah di sepuluh malam terakhir ditularkan kepada seluruh anggota keluarga untuk sama-sama menikmati kesyahduan beribadah sepanjang malam. 

2. Memperbanyak Sedekah

Ilustrasi. Amalan Sunnah Bulan Rajab, Salah Satunya Sedekah Kepada yang Membutuhkan

Meningkatkan sedekah menjadi salah satu amalan utama di sepuluh hari terakhir sebagai ungkapan syukur atas nikmat dipertemukan Ramadan, serta sebagai penyempurna ibadah puasa dan ibadah-ibadah individu lainnya. 

Karena tidaklah sempurna keimanan dan kualitas ibadah seseorang kecuali jika adanya keseimbangan antara ibadah ritual dan ibadah sosial. 

Sebagaimana firman Allah SWT, “Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, mereka berdoa kepada Tuhannya dengan rasa takut dan penuh harap, dan mereka menginfakkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka.” (Qs. As-Sajdah: 16).

3. I’tikaf

Ilustrasi - Niat dan Doa Sholat Dhuha, Ayo Amalkan di Bulan Ramadan. |

I’tikaf berarti berdiam di masjid dalam rangka beribadah kepada Allah SWT. Tidaklah seseorang keluar dari masjid, kecuali untuk memenuhi hajatnya sebagai manusia. 

I’tikaf memiliki kekhususan tempat dan aktivitas yaitu masjid dengan aktivitas ibadah mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan berzikir, berdoa, membaca Al-Quran, shalat sunnah, bershalawat, bertaubat, beristighfar, dan lainnya. 

4. Tilawah Quran

Ilustrasi . Doa Agar Hidup Terhindar dari Orang-Orang Zalim, Amalan Pelindung Diri

Meningkatkan membaca Al-Quran menjadi salah satu ibadah utama di sepuluh hari terakhir Ramadan. Tidak sedikit umat Islam yang larut dalam tilawah Al-Quran sepanjang malam baik di masjid maupun di rumah. 

Tilawah Al-Quran  adalah ibadah ringan dan memiliki keutamaan yang besar.Tradisi mengejar khataman Al-Quran di akhir Ramadan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi pribadi muslim, khususnya mereka yang setiap hari bergulat dengan aktivitas pekerjaan.

Sumber: Suara.com

Editor : Reza

Tags :
BERITA TERKAIT