Sukabumi Update

Bacaan Doa Takbiran Idul Fitri Untuk Dikumandangkan Menyambut Hari Kemenangan

Bacaan Doa Takbiran Idul Fitri Untuk Dikumandangkan Menyambut Hari Kemenangan. | (Sumber : Freepik.com.)

SUKABUMIUPDATE.com - Umat Muslim akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah yang ditetapkan pemerintah pada Sabtu 22 April 2023. Perayaan Idul Fitri adalah hari kemenangan untuk seluruh umat Muslim.

Momen tersebut sangat ditunggu-tunggu dan paling dirindukan. Sebab pada hati itu semua orang akan berkumpul dan saling bersilaturahmi.

Pada saat Hari Raya Idul Fitri, umat Muslim di pagi harinya akan melaksanakan sholat Idul Fitri. Ketika itu gema takbir akan berkumandang dengan saling sambut antar umat Muslim.

Mengumandangkan doa takbiran Idul Fitri adalah salah satu sunnah yang dianjurkan Rasulullah SAW. Oleh karenanya, melantunkan gema takbiran idul fitri bisa membuat hati seseorang merasa tenang.

Baca Juga: 30 Ide Caption Ucapan Lebaran Idul Fitri 2023 untuk Diposting di Media Sosial

Berikut adalah bacaan doa takbiran Idul Fitri seperti dilansir dari NU Online via Suara.com. Lafal takbir ini dijelaskan oleh Imam An-Nawawi dalam Kitab Al-Majmu’, Syarhul Muhadzdzab.

Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar yang artinya, "Allah maha besar, Allah maha besar, Allah maha besar." Selain tiga takbir ini, bisa pula ditambahkan dengan zikir sebagai berikut sebagaimana zikir-takbir Rasulullah Saw di bukit Shafa yang diriwayatkan Imam Muslim:

Allahu akbar kabira, walhamdu lillahi katsira, wa subhanallahi bukratan wa ashila, la ilaha illallahu wa la na'budu illa iyyahu mukhlishina lahud dana wa law karihal kafirun, la ilaha illallahu wahdah, shadaqa wa'dah, wa nashara 'abdah, wa hazamal ahzaba wahdah, la ilaha illallahu wallahu akbar.

Baca Juga: 6 Cara Nabi Muhammad SAW Saat Merayakan Hari Raya Idul Fitri

Adapun lafal takbir yang sering dibaca masyarakat sebagai berikut tidak masalah. Lafal takbir itu cukup baik untuk dibaca.

Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar. La ilaha illallahu wallahu akbar. Allahu akbar wa lillahil hamdu. Artinya: "Allah maha besar, Allah maha besar, Allah maha besar. Tiada tuhan selain Allah. Allah maha besar. Segala puji bagi-Nya."

Imam An-Nawawi menjelaskan sifat takbir pada malam dan hari raya. Imam An-Nawawi menyebut tiga takbir berturut-turut yang dikutip dari Imam As-Syafi‘i dan ulama syafiiyah yang artinya, ”Sifat takbir yang dianjurkan, 'Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar.' Ini (takbir 3 kali) yang masyhur dari nash Imam As-Syafi’i dalam Kitab Al-Umm, Al-Mukhtashar, dan selain keduanya. Sifat ini yang dipegang ulama ashab," (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Majmu’ Syarhul Muhadzdzab, [Kairo, Al-Maktabah At-Taufiqiyyah: 2010 M], juz V, halaman 42).

Baca Juga: 7 Makanan Paling Dicari Setelah Lebaran, Nomor 2 Primadona Banyak Orang

Di samping mengumandangkan takbir, banyak sunah yang bisa dilakukan untuk menyempurnakan ibadah di hari raya umat muslim tersebut. Mengutip laman resmi Kemenag, berikut adalah beberapa sunah yang bisa dilakukan umat muslim untuk menyempurnakan Idul Fitri.

Sunah yang sangat dianjurkan adalah berhias dan memakai pakaian terbaik. Namun, perlu dicatat bahwa pakaian yang baik tidak selalu berupa pakaian baru.

Kemudian bagi perempuan, tetap memperhatikan adab-adab dalam berhias. Sunah lainnya yakni mendatangi tempat-tempat keramaian dan saling memberikan ucapan selamat. Seperti itulah doa takbiran Idul Fitri secara lengkap.

Sumber: Suara.com (Nadia Lutfiana Mawarni)

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT