Sukabumi Update

Doa Saat Cuaca Panas dan Terik, Amalkan Agar Dimudahkan Dalam Aktivitas

Ilustrasi berdoa - Doa Saat Cuaca Panas dan Terik, Amalkan Agar Dimudahkan Dalam Aktivitas. | (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Indonesia akhir-akhir ini sedang dilanda cuaca panas yang cukup terik. Nah, kondisi tersebut tentunya sangat mengganggu bagi umat Muslim yang beraktivitas di luar.

Namun cuaca panas dan terik ini tak hanya terjadi di indonesia saja, melainkan menyerang beberapa wilayah di Asia seperti India, Bangladesh, Myanmar dan Thailand.

Oleh karenanya, umat Muslim dianjurkan untuk mengamalkan doa saat cuaca panas dan terik. Doa ini berisi permohonan agar kita senantiasa diberi perlindungan dan kemudahan oleh Allah SWT.

Baca Juga: Doa Perjalanan Arus Balik Lebaran, Amalkan Agar Selamat Sampai Tujuan

Berikut ini terdapat doa saat cuaca panas dan terik yang dapat umat Muslim amalkan dikutip via Suara.com.

Doa saat Cuaca Panas dan Terik

Allahumma Khaffif ‘Anna wa ‘ani al-Muslimiin, Allahumma qina syarra haadza al-harr, wahminaa minhu wa mimmaa yamilu min adzaa, Allahumma Laa Taj’al fiihi al-maradh wa laa al-halaak li ahadin min ‘ibaadika. Allahumma khaffif haraarata as-syamsi, wa atsarahaa ‘alaynaa. Allahumma ajirnaa min naari jahannama yaa Rahiim. Allahumma Ajirnaa min harri jahannama yaa Ghaafira ad-dzanb, wa Qaabila at-taubah, Ya Ghafuur, Ya Rahiim.

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Film Horor Sewu Dino, Diangkat Dari Kisah Nyata!

Artinya:

"Ya Allah, ringankanlah dari kami dan kaum muslimin. Ya Allah, selamatkan kami dari bahaya panas ini, lindungilah kami dari panas ini dan dari penyakit yang dibawanya. Ya Allah jangan engkau jadikan pada panas ini penyakit dan kebinasaan bagi siapapun dari para hamba-Mu. Ya Allah, ringankanlah panas matahari ini dan dampaknya bagi kami. Ya Allah, selamatkan kami dari api neraka wahai Yang Maha Pengasih. Ya Allah, selamatkan kami dari panas neraka wahai Yang Maha Mengampuni dosa, Maha Menerima taubat.Wahai Allah Yang Maha Pengampun, Maha Pengasih."

Baca Juga: 3 Doa Sebelum Memulai Aktivitas Bekerja, Agar Rezeki Lancar dan Berkah

Saat ini suhu di berbagai kota Indonesia bisa mencapai lebih dari 30 derajat celcius. Dengan suhu yang sangat tinggi seperti ini, kita bisa mengalami sejumlah gangguan fungsi tubuh. Misalnya yang harus diwaspadai adalah heatstroke. Bahkan yang terparah, suhu ekstrem ini bisa mengakibatkan seseorang meninggal.

Untuk menjaga tubuh tetap fit, sering-seringlah minum air mineral untuk menghidrasi tubuh. Berdoalah dengan doa saat cuaca panas agar selalu dalam lindungan Allah SWT.

Baca Juga: 4 Fakta Kasus Perselingkuhan Virgoun yang Dibongkar Oleh Sang Istri

Demikian itu bacaan doa saat cuaca panas. Semoga bermanfaat.

Sumber: Suara.com (Mutaya Saroh)

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT