Sukabumi Update

Bangun Lebih Segar, Simak 5 Tips untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Ilustrasi. Inilah tips meningkatkan kualitas tidur yang bisa dilakukan mulai dari sekarang | Foto: Pixabay/WOKANDAPIX

SUKABUMIUPDATE.com - Mendapat kualitas tidur yang baik sangat penting untuk kesehatan seseorang. Pasalnya tubuh memerlukan istirahat agar setiap organ bisa berfungsi dengan baik.

Namun, bagi sebagian orang mendapatkan kualitas tidur yang baik merupakan hal yang sulit. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang memiliki masalah tidur mulai dari stres hingga kebiasaan yang kurang baik.

Lalu bagaimana cara mendapatkan kualitas tidur yang baik agar bangun lebih segar? Berikut adalah lima kebiasaan sederhana yang bisa dilakukan agar kita mendapatkan tidur malam yang berkualitas dikutip dari garut.suara.com.

Baca Juga: Orang Tua Wajib Tahu, Ini Doa agar Bayi Cepat Tidur dan Tidak Rewel

1. Atur Tidur Siang

Meskipun tidur siang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, sebaiknya tidak tidur siang terlalu lama karena hal tersebut dapat mengakibatkan kesulitan tidur di malam hari. Ahli menyarankan untuk membatasi waktu tidur siang menjadi kurang dari 20 menit.

2. Atur Olahraga

Konsisten dalam berolahraga dapat meningkatkan kualitas tidur Anda, olahraga rutin dapat membantu mempercepat proses tidur dan memastikan tidur kamu menjadi lebih nyenyak.

Baca Juga: 7 Bahaya Kurang Tidur dari Mulai Masalah Kulit Hingga Kondisi Mental

Namun sebaiknya kamu tidak melakukan olahraga pada waktu yang salah, karena jika kita melakukan olahraga berat sebelum tidur tubuh kita justru melepaskan hormon kortisol yang menyebabkan kita tetap terjaga.

3. Atur Makanan

Makanan yang berat dapat menyulitkan sistem pencernaan kamu dan mempengaruhi kualitas tidur. Jika kamu merasa lapar di malam hari, lebih baik mengonsumsi makanan ringan seperti biskuit, sereal, atau susu. Selain itu, dianjurkan untuk membatasi waktu makan dan tidak makan paling lambat satu jam sebelum tidur.

Baca Juga: Eureup-eureup: Ini 7 Cara Mengatasi Ketindihan Tidur Menurut Medis

4. Atur Ngopi

Kandungan kafein dalam kopi dapat mengganggu tidur kamu dan menyebabkan kesulitan tidur. Bahkan ketika kita memaksakan diri untuk tidur, kemungkinan kamu akan terbangun beberapa kali di malam hari. Akibatnya, kualitas tidur dapat menurun dan durasi tidur bisa berkurang.

5. Atur Screen Time

Batasi waktu di depan layar. Sinar biru dari layar dapat memengaruhi produksi hormon melatonin yang diperlukan untuk tidur, sehingga sebaiknya hindari penggunaan smartphone, komputer, atau televisi setidaknya satu jam sebelum tidur.

Dengan mengikuti tips-tips ini, kamu dapat meningkatkan kualitas tidur dan bangun dengan lebih bugar. Jika semua tips tersebut tidak membantu mohon langsung dikonsultasikan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Sumber: Garut.suara.com

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT