Sukabumi Update

Amalkan Doa ini Saat Sulit Tidur, Tidak Perlu Minum Obat

Ilustrasi. Inilah doa yang bisa diamalkan secara rutin saat mengalami sulit tidur di malam hari (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Sulit tidur menjadi salah satu masalah yang dialami banyak orang. Sulit tidur tentu akan sangat berdampak pada kesehatan serta dapat mempengaruhi aktivitas di siang harinya akibat kurang tidur.

Hal tersebut dapat mempengaruhi produktivitas sehari-hari karena tubuh mudah merasa lelah, sulit berkonsentrasi dan sebagainya.

Tak sedikit orang mengalami kesulitan tidur saat malam hari akhirnya memilih mengkonsumsi obat tidur, hingga membuat kecanduan.

Baca Juga: 3 Penyebab Nyeri Leher, Awas Posisi Tidur Salah Bisa Bikin Otot Tegang!

Bahkan orang yang sudah mengalami kecanduan obat tidur bisa merasakan berbagai gejala seperti pusing atau vertigo, penurunan libidi hingga adanya rasa cemas yang berlebihan.

Melansir dari ntb.suara.com, seorang sahabat Nabi SAW yang bernama Zaid bin Tsabit pernah mengadu kepada Rasulullah akibat susah memejamkan mata saat malam datang.

Dia mengaku hanya berbaring semalaman, dengan pikiran dan batinnya yang berkelana sehingga sulit untuk tidur.

Baca Juga: Bangun Lebih Segar, Simak 5 Tips untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Dengan sabar, sang Nabi SAW mengajarkan sebuah doa untuk mengatasi kesulitannya. Berikut ini doa agar mudah tidur di malam hari:

Allaahumma ghaaratin nujuum wa hada’atil ‘uyuun, wa anta hayyun qayyuumun, laa ta’khudzuhuu sinatuw wa laa naum. Yaa hayyu, ya qayyuum, ahdii laylii wa anim ‘aynii.

Artinya: “Ya Allah, bintang-bintang telah ‘tenggelam’, dan banyak bola mata menjadi tenang sementara Kau adalah Dzat Maha Hidup dan zat Maha Tegak. Kantuk dan tidur tidak mempengaruhiMu. Wahai Dzat Maha Hidup dan Zat Maha Tegak, tenangkan malam hamba dan istirahatkan sepasang bola mata hamba.”

Baca Juga: 7 Bahaya Kurang Tidur dari Mulai Masalah Kulit Hingga Kondisi Mental

Itulah doa saat sulit tidur yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. InsyaAllah jika dilantunkan dengan ikhlas akan memudahkan kita untuk tidur.

Sumber: ntb.suara.com/M.Iqbal

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT