Sukabumi Update

Kenali 7 Penyebab Susah Fokus dan Konsentrasi saat Bekerja

Kenali 7 Penyebab Susah Fokus dan Konsentrasi saat Bekerja. | (Sumber : Freepik.com/@ Racool_studio)

SUKABUMIUPDATE.com - Fokus dan konsentrasi dalam bekerja adalah salah satu hal penting. Sebab, dengan adanya fokus semua pekerjaan akan cepat selesai dan kita pun bakal produktif.

Namun, berbeda kondisinya ketika sedang tidak fokus dalam bekerja, semua pekerjaan akan terabaikan dan pastinya terlihat tidak bersemangat. Nah, dibalik itu semua ada beberapa penyebab susah fokus yang kerap kali dirasakan.

Mengutip Akurat.co, berikut ini ada 7 penyebab susah fokus dan konsentrasi yang kerap kali dialami orang-orang.

Penyebab Sulit Fokus dalam Pekerjaan

1. Kualitas tidur buruk

Seseorang yang mengalami kurangnya waktu tidur maka akan mendapatkan kualitas tidur yang buruk. Karena masalah tidur terganggu akan menjadi penyebab sulit fokus dalam menjalani aktivitas sepanjang hari.

Baca Juga: Link Nonton Film Sewu Dino Full Movie, Film Horor Tentang Santet yang Mematikan

Jika dibiarkan terus menerus dengan waktu tidur yang berantakan akan berpengaruh pada daya ingat yang terganggu.

2. Merasa Bosan dengan pekerjaan

Suatu tugas atau pekerjaan yang dilakukan secara berulang akan membuat konsentrasi mudah teralihkan. Hal dikarenakan rasa bosan pada pekerjaan tersebut sehingga sulit untuk fokus kembali.

Baca Juga: Kenali 4 Tipe Kepribadian Introvert, Kamu Mirip yang Mana?

Untuk mengatasi rasa bosan tersebut, cobalah cari waktu istirahat dan kegiatan lain yang menyenangkan. Misalnya, membuat minuman hangat (kopi atau teh), berbincang dengan teman kantor dan melakukan peregangan.

3. Terlalu Sibuk dengan gadget

Sering kali banyak orang yang sibuk bermain gadget hingga sulit untuk fokus dengan hal lainnya. Mulai dari diajak ngobrol atau melakukan kegiatan lain, pasti akan sulit paham.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Laundry Pakaian di Kota Sukabumi, Cocok Untuk yang Males Nyuci!

Penggunaan gadget secara berlebih, berdampak pada menurunnya kemampuan kognitif dalam memecahkan masalah. Pada akhirnya, akan memengaruhi fungsi kerja otak dan menjadi penyebab sulit fokus.

4. Mengerjakan banyak tugas secara bersamaan

Penyebab sulit fokus berikutnya adalah kegiatan yang dilakukan seseorang lebih dari satu jenis. Hal ini membuat orang tersebut sulit untuk konsentrasi pada hal lain.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Toko HP di Sukabumi yang Terpercaya, Lengkap dengan Alamatnya!

Otak manusia hanya mampu mengerjakan satu tugas dalam satu waktu. Jika dipaksa melakukan banyak tugas akan menyebabkan sulit fokus dengan yang dikerjakannya.

5. Terlalu Overthinking

Overthinking yang dimaksud yaitu kebanyakan berpikir tentang beberapa hal dalam satu waktu, seperti memikirkan masalah yang sama berulang kali atau kejadian terburuk yang dapat terjadi. Oleh sebab itu overthinking juga termasuk dalam penyebab sulit fokus menjalankan tugas.

Baca Juga: 5 Tips Agar Pasangan Tetap Mencintaimu Meski Sudah Berhubungan Lama

6. Lapar

Banyak orang yang bilang untuk selalu makan sebelum berkegiatan. Hal ini benar adanya karena mengisi nutrisi dalam tubuh akan meningkat daya tahan dan menjadi lebih fokus.

Seseorang yang menahan lapar pastinya akan merasa terganggu sehingga sulit bekerja. Rasa lapar menjadi penyebab sulit fokus yang harus dihindari.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-22 Lolos ke Final Setelah Menang Dramatis 3-2 Atas Vietnam

Itulah beberapa penyebab sulit fokus yang perlu kamu cegah agar tidak mengalaminya. Biasakan untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh dengan baik dan benar.

7. Masih masalah yang belum selesai

Selanjutnya, penyebab sulit fokus yaitu karena ada suatu masalah yang kamu belum selesaikan. Masalah tersebut menjadi beban pikiran diri sendiri sehingga sulit menjalani kegiatan.

Baca Juga: Kenali 6 Kebiasaan Orang Sukses yang Wajib Kamu Tiru, Segera Lakukan!

Solusi terbaik yang dilakukan adalah tetap tenang dan menjadi lebih bijak menghadapi masalah. Biasakan untuk menyelesaikan masalah dibandingkan lari dari masalah yang menjadi beban untuk diri sendiri.

Sumber: Akurat.co

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT