Sukabumi Update

Bacaan Dzikir dan Doa Setelah Sholat Dzuhur, Umat Muslim Yuk Amalkan!

Ilustrasi - Bacaan Dzikir dan Doa Setelah Sholat Dzuhur, Umat Muslim Yuk Amalkan! (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagai umat muslim tentunya kita perlu untuk mengetahui bacaan dzikir dan doa setelah sholat dzuhur atau sholat fardhu lainnya.

Sebagai informasi, diketahui waktu terbaik untuk berdoa adalah setelah sholat lima waktu, yang mana doa-doa kita besar kemungkinannya akan diwujudkan oleh Allah SWT.

Doa setelah sholat tersebut juga dijelaskan dalam sebuah hadits Rasulullah SAW yang berbunyi:

Baca Juga: 9 Rekomendasi Tempat Makan Mie Ayam di Sukabumi, Enak dan Murah Meriah!

“Rasulullah SAW ketika ditanya perihal doa yang paling didengar, yaitu doa yang paling dekat dengan ijabah menjawab, (doa) di tengah malam dan setelah shalat lima waktu.” (HR At-Tirmidzi)

Selain itu, berdzikir setelah sholat dzuhur juga merupakan amalan yang perlu dilakukan. Sebagaimana tercantum dalam surat Al-Baqarah ayat 152 yang artinya:

“(Berdzikirlah) Ingatlah kamu kepada-ku, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu,” (QS. Al-Baqarah: 152).

Baca Juga: 7 Tempat Makan Mie Kocok Terbaik di Sukabumi, Cocok untuk Makan Siang

Oleh karenanya disini kami akan membagikan bacaan dzikir dan doa setelah sholat dzuhur yang penting diketahui umat muslim, seperti menghimpun dari berbagai sumber.

Dzikir yang Dicintai Allah.

Sebagaimana hadits nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, yang berbunyi: “Diriwayatkan dari Samurah bin Jundub RA berkata: Rasulullah SAW bersabda, ‘ucapan yang paling dicintai oleh Allah ada empat hal yaitu, Subhanallah, wal hamdulillah, wa laa ilaha illallah, wallahu akbar’. Keempat kalimat ini boleh dimulai sesuai yang ia kehendaki.” (HR. Imam Muslim). Adapun bacaan dzikir tersebut adalah sebagai berikut:

Baca Juga: 3 Rekomendasi Toko Mochi di Sukabumi, Ada yang Berdiri Sejak Tahun 1964

“Subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar.” (HR. Ath-Thabari, dengan Sanad Hasan)

Membaca Ayat Kursi

Allahu la ilaha illa huw, al-ḥayyul-qayyum, la ta`khuzuhu sinatuw wa la na`um, lahu ma fis-samawati wa ma fil-ard, man zallazi yasyfa'u 'indahu illa bi`iżnih, ya'lamu ma baina aidihim wa ma khalfahum, wa la yuhituna bisyai`im min 'ilmihi illa bima sya`, wasi'a kursiyyuhus-samawati wal-ard, wa la ya`uduhu hifzuhuma, wa huwal-'aliyyul-'aẓim

Baca Juga: 7 Rekomendasi Toko Emas di Sukabumi Terbaik dan Paling Lengkap

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” 

3 Surat Pendek

Bacaan surat pendek yakni surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas dapat diamalkan sebagai bacaan dzikir dan doa setelah sholat fardhu untuk mendatangkan banyak keberkahan dari Allah SWT. 

Doa Kebaikan Dunia dan Akhirat

Agar kita dapat senantiasa diberikan kebaikan hidup di dunia dan di akhirat serta terhindar dari panasnya neraka di akhirat kelak.

Robbanaa aatina fid dunyaa hasanah, wa fil aakhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaban naar

Artinya: “Ya tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan jauhkan kami dari api neraka.”

Editor : Reza

Tags :
BERITA TERKAIT