Sukabumi Update

Kenapa Seorang Muslim Wajib Melaksanakan Sholat? Ini Penjelasan Ustad Adi Hidayat

Ustad Adi Hidayat menjelaskan kenapa seorang Muslim sangat diwajibkan melaksanakan sholat | (Sumber : Twitter/@CFCFoundation)

SUKABUMIUPDATE.com - Sholat merupakan salah satu ibadah wajib dalam agama Islam. Setiap Muslim diwajibkan untuk mendirikan sholat dalam keadaan apapun dan dimanapun.

Seorang Muslim yang dengan sengaja meninggalkan kewajiban sholat meski hanya satu kali saja maka orang tersebut akan mendapatkan dosa yang amat besar.

Sholat juga menjadi ibadah yang termasuk ke dalam rukun Islam tepatnya rukun Islam yang kedua. Dan disebutkan juga jika sholat merupakan tiang agama.

Baca Juga: Inilah Perbedaan Fasha dan Munkar Serta Cara Mencegahnya Menurut Ustadz Adi Hidayat

Lalu kenapa sholat begitu diwajibkan dalam Islam? Mengenai itu Ustadz Adi Hidayat melalui ceramahnya yang diunggah di channell YouTube Hijrah Official Daily memberikan penjelasan.

"Anda bertanya, Ya Allah kenapa harus sholat? Perhatikan jawaban Allah," kata ustad yang biasa disapa UAH itu.

"Lewat suara muadzin itu 'Hayya Alal Falah', saya panggil kamu sholat supaya bahagia, supaya kamu sukses," katanya.

Ustadz Adi Hidayat juga menyebutkan jika seorang muslim yang tidak melaksanakan sholat maka tidak akan merubah status Allah SWT sebagai Tuhan.

Baca Juga: Ingin Doa Cepat Terkabul? Amalkan Ini Secara Rutin Menurut Ustad Adi Hidayat

"Kamu tidak sholat semuka langit dan bumi, tidak akan menurunkan status saya sebagai Tuhan. Kamu sholat itu bukan saya yang butuh, kata Allah kamu yang butuh," kata Ustad Adi Hidayat.

Ustadz Adi Hidayat juga menjelaskan alasan kenapa dalam setiap bacaan sholat berisi doa-doa. Hal ini bertujuan agar seorang muslim untuk meminta hanya kepada Allah SWT dan agar permintaan dapat dikabulkan.

"Ya ayyuhalladzina amanu, imannya dulu. Istainu bissobri wassholat. Kalau punya masalah, sabar, terima. Lalu datang kepada-Ku lewat sholat. Minta dalam sholat akan aku kabulkan," kata Ustadz Adi Hidayat.

Baca Juga: Penjelasan Ustadz Adi Hidayat Mengenai Hukum Puasa di Hari Jumat

"Makanya setiap dalam baca sholat isinya doa, jadi kalau kita sholat dengan baik. Imannya terangkat, doanya dijawab, hidupnya nikmat. Sholat!" sambungnya.

Itulah alasan kenapa sholat menjadi ibadah yang sangat diwajibkan dalam agama Islam.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT