Sukabumi Update

Bacaan Doa Saat Demam Sesuai yang Dianjurkan Rasulullah SAW

Bacaan Doa Saat Demam Sesuai yang Dianjurkan Rasulullah SAW. | (Sumber : Freepik.com/@@ user18526052.)

SUKABUMIUPDATE.com - Sakit demam bisa menyerang siapa saja mau itu orang tua, remaja maupun anak kecil. Demam sendiri bisa disebabkan karena kelelahan, makanan yang dikonsumsi maupun lain-lain.

Saat demam biasanya orang-orang akan berobat agar bisa segera sembuh. Namun, selain dengan itu, umat Muslim juga dapat meminta pertolongan kepada Allah SWT.

Umat Muslim dapat memanjatkan doa saat demam yang dianjurkan Rasulullah SAW. Doa ini bertujuan agar demam tinggi kita segera disembuhkan dan diturunkan atas Izin Allah SWT.

Baca Juga: 5 Penginapan Murah di Sukabumi di Bawah Rp300 Ribuan, Cocok Untuk Backpacker!

Mengutip Akurat.co, berikut ini doa yang dilantunkan Rasulullah SAW ketika menderita sakit tersebut, yaitu:

بِسْمِ اللَّهِ الْكَبِيرِ أَعُوذُ بِاللَّهِ الْعَظِيمِ مِنْ شَرِّ كُلِّ عِرْقٍ نَعَّارٍ وَمِنْ شَرِّ حَرِّ النَّارِ

Bismillāhil kabīri, a‘ūdzu billāhil ‘azhīmi min syarri kulli ‘irqin na‘ārin wa min syarri harrin nāri.

Artinya: “Dengan nama Allah yang maha besar. Aku berlindung kepada Allah yang maha agung dari luka yang mengeluarkan darah dan dari keburukan panas neraka”.

Baca Juga: Link Nonton Film Sewu Dino Full Movie, Film Horor Tentang Santet yang Mematikan

Kemudian, bahwa doa tersebut tercantum dalam sebuah riwayat yang tertulis dalam kitab Ibnu Sunni dari Sahabat Ibnu Abbas r.a, sebagaimana Imam Nawawi mengutipnya dalam Al-Adzkar, yakni:

روينا في كتاب ابن السني عن ابن عباس رضي الله عنهما، أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يعلمهم من الأوجاع كلها، ومن الحمى أن يقول بسم الله الكبير، نعوذ بالله العظيم من شر عرق نعار ومن شر حر النار

Artinya: “Diriwayatkan kepada kami di kitab Ibnu Sunni dari Ibnu Abbas RA bahwa Rasulullah mengajari mereka terkait (penyembuhan) segala penyakit, dari demam dengan membaca ‘Bismillāhil kabīri, a‘ūdzu billāhil ‘azhīmi min syarri kulli ‘irqin na‘ārin wa min syarri harrin nāri”.

Baca Juga: 5 Bacaan Doa Agar Kamu Segera Dapat Pekerjaan dan Terbebas dari Pengangguran

Disamping itu, Imam Nawawi juga menganjurkan bagi orang-orang yang sedang menderita penyakit-penyakit ringan, seperti sakit kepala, masuk angin, dan lain sebagainya untuk membaca surah Al-Fatihah, Al-Falaq, dan An-Nas. Setelah membacanya, kemudian ditiupkan terhadap dua tangan, lalu diusapkan ke semua anggota tubuh, khususnya yang sedang sakit.

Sebagaimana ungkapannya dalam kitab Al-Adzkar, yakni:

وينبغي أن يقرأ على نفسه الفاتحة، وقل هو الله أحد، والمعوذتين وينفث في يديه كما سبق بيانه وأن يدعو بدعاء الكرب الذي قدمناه

Artinya: “Seseorang yang sedang sakit juga seyogianya membaca Surat Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas untuk dirinya serta meniup kedua tangannya sebagaimana penjelasan telah lalu dan membaca doa kurab (kesulitan) sebagaimana kami telah sebutkan”.

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Orang yang Bakal Sukses di Masa Depan, Kamu Termasuk?

Demikianlah doa yang diajarkan Rasulullah Saw., ketika sedang menderita penyakit-penyakit ringan. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam.

Sumber: Akurat.co

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT