Sukabumi Update

Ustadz Adi Hidayat Ungkap Manfaat Air Wudhu, Tidak Hanya Bersihkan Hadas

Ilustrasi - Inilah manfaat air wudhu selain dari bisa membersihkan hadas kecil pada diri seorang Muslim | (Sumber : Pixabay.com/mucahityildiz)

SUKABUMIUPDATE.com - Berwudhu merupakan hal yang harus dilakukan seorang Muslim ketika akan melaksanakan ibadah. Tujuannya yaitu untuk membersihkan hadas atau kondisi tidak suci pada diri seorang Muslim.

Dengan berwudhu dipercaya diri seorang muslim akan dalam keadaan bersih baik di luar maupun di dalam.
Namun, rupanya air wudhu tidak hanya bisa membersihkan kotoran yang menempel pada badan tapi juga bisa melunturkan dosa-dosa pada diri manusia.

Hal tersebut diungkapkan Ustadz Adi Hidayat dalam sebuah kajian yang diunggah di akun Instagram @kajianustadzadihidatay.

Baca Juga: Kenapa Seorang Muslim Wajib Melaksanakan Sholat? Ini Penjelasan Ustad Adi Hidayat

“thoharoh membersihkan luar dan dalam, kata Nabi (Muhammad SAW) dalam hadist Muslim, ketika jatuhnya air wudhu jatuh dia, maka jatuh pula kotoran-kotoran dan dosanya, jadi kotoran fisiknya jatuh, dosanya hilang,” kata ustadz Adi Hidayat.

Ustadz yang sering disapa UAH itu juga menjelaskan saat seseorang membasuh tangan ketika berwudhu maka dia bertobat kepada Allah dari dosa yang melekat pada tangannya itu.

Maka dari itu setiap selesai berwudhu umat Islam dianjurkan membaca doa

Baca Juga: Ingin Doa Cepat Terkabul? Amalkan Ini Secara Rutin Menurut Ustad Adi Hidayat


اَشْهَدُ اَنْ لَااِلٰهَ اِلَّااللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Asyhadu allaa ilaaha illalloohu wahdahuu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan 'abduhuuwa rosuuluhuu, alloohummaj'alnii minat tawwaabiina waj’alnii minal mutathohhiriina, waj'alnii min 'ibadikash shaalihiin.

Artinya: “Aku bersaksi, tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi doa sebelum dan sesudah wudhu-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.”

Baca Juga: Penjelasan Ustadz Adi Hidayat Mengenai Hukum Puasa di Hari Jumat

Itulah ulasan dampak dari air wudhu yang diterangkan oleh Ustadz Adi Hidayat dalam sebuah kajiannya.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT