Sukabumi Update

Buya Yahya Ungkap Pentingnya Menjaga Lisan, Jangan Sampai Menyakiti Orang Lain

Ilustrasi. Buya Yahya menceritakan sebuah riwayat zaman Nabi Muhammad SAW yang mencerminkan betapa pentingnya menjaga lisan agar tidak menyakiti orang lain (Sumber : Freepik/@karlyukav)

SUKABUMIUPDATE.com - Ada banyak hal yang harus diperhatikan oleh manusia terutama oleh seorang Muslim salah satunya yaitu menjaga lisan.

Kita tahu jika lisan bisa menyebabkan masalah begitu besar bagi manusia, hingga ada ungkapan yang menyebut “Mulutmu Harimaumu” yang memiliki makna jika lisan yang kita miliki bisa menyakiti orang lain jika tidak dijaga dengan baik-baik dan bisa berbalik menyerang diri kita sendiri.

Ustadz Buya Yahya dalam sebuah kajiannya yang diunggah di akun Instagram @buyayahya_albahjah menceritakan jika ketika zaman Rasulullah SAW ada seorang perempuan yang diadukan oleh sahabat kepada Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Bingung Pilih Menikah atau Bahagiakan Ibu Dahulu? Ini Jawaban Buya Yahya

Perempuan tersebut diketahui merupakan seorang yang ahli ibadah.

“Disebutkan dia ahli sholat, ahli bangun malam, ahli puasa, nggak pernah putus puasanya,” kata Buya Yahya.

Tapi sayang perempuan tersebut memiliki lisan yang suka menyakiti tetangganya suka nyelekit kalau ngomong.

“Denger dia suka nyakitin orang lain Nabi langsung bersabda nggak ada baiknya perempuan itu, dia pun katanya ahli ibadah ahli puasa, dia ahli neraka,” kata Buya Yahya saat menceritakan riwayat tersebut.

Baca Juga: Buya Yahya Ungkap Bahayanya Sengaja Lari dari Utang, Pasti kesusahan!

Bahkan Salah satu hadis riwayat Imam Al-Bukhari menegaskan:

“Keselamatan manusia tergantung pada kemampuannya menjaga lisan.” (HR. Bukhari). Bisa dilihat betapa lisan atau ucapan menjadi taruhan jiwa manusia.

Karena itu, menjaga lisan atau menjaga apa yang diucapkan merupakan hal yang harus benar-benar dilakukan oleh manusia. Jangan sampai ucapan yang keluar dari mulut kita bisa menyakiti perasaan seseorang.

Sumber: Instagram/@buyayahya_albahjah

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT