Sukabumi Update

3 Keutamaan Membaca Surat Yasin di Malam Jumat, Sangat Sayang Jika Dilewatkan

Ilustrasi. Inilah beberapa keutamaan membaca surat Yasin di malam Jumat yang sangat sayang jika dilewatkan |Foto: Pixabay/Fauzan My.

SUKABUMIUPDATE.com - Hari Jumat menjadi menjadi hari yang memiliki keistimewaan tersendiri dalam agama Islam, karena di waktu tersebut dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah.

Dalam perhitungan Hijriah pergantian hari terjadi saat waktu maghrib berbeda dengan masehi yang pergantian hari terjadi pada pukul 00.00 malam.

Saat Kamis malam atau malam Jumat salah satu amalan yang dianjurkan yakni membaca surat Yasin. Ya, surat ini dianjurkan dibaca selain surat Al Kahfi.

Baca Juga: Contoh Khutbah Jumat Tentang Kunci Ketenangan dan Kelapangan Hati

 

Melansir dari NU Online, kelebihan membaca surat Yasin ditegaskan dalam sebuah hadits riwayat Abu Daud sebagai berikut:

من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله


Artinya: Barang siapa membaca surat Yasin dan Al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya. (HR Abu Daud dari al-Habr) Al-Manawi menegaskan bahwa hadits ini tergolong hadits yang sanadnya terputus.

Baca Juga: 3 Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat: Pengingat Kiamat

Lalu, apa saja keutamaan membaca surat Yasin di malam Jumat? Berikut ulasannya yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pahala yang besar

Membaca Surat Yasin di malam Jumat diyakini mendatangkan pahala yang besar dari Allah. Hal ini karena Surat Yasin dianggap sebagai salah satu surat yang agung dalam Al-Quran.

Baca Juga: Sunnah Membaca Surat Al Kahfi di Malam dan Hari Jumat Bagi Umat Muslim

2. Pengampunan dosa

Dalam tradisi Islam, ada keyakinan bahwa membaca Surat Yasin di malam Jumat dapat mendatangkan pengampunan dosa. Oleh karena itu, banyak umat Islam yang melaksanakan amalan ini dengan harapan mendapatkan pengampunan dan rahmat Allah.

3. Dijauhkan dari azab kubur

Dalam beberapa tradisi, membaca Surat Yasin di malam Jumat juga dianggap sebagai perlindungan dari siksa kubur.

Baca Juga: Penjelasan Ustadz Adi Hidayat Mengenai Hukum Puasa di Hari Jumat

Meskipun tidak terdapat dasar langsung dalam sumber-sumber agama yang menyebutkan hal ini, keyakinan tersebut tetap menjadi bagian dari tradisi yang dipegang oleh beberapa orang.

Itulah beberapa keutamaan membaca surat Yasin di malam Jumat. Karenanya penting mengamalkan hal tersebut dan sangat sayang jika ditinggalkan.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT