Sukabumi Update

Bacaan Doa Agar Terhindar dari Tetangga Julid, Lengkap dengan Tulisan Arabnya

Ilustrasi - Bacaan Doa Agar Terhindar dari Tetangga Julid, Lengkap dengan Tulisan Arabnya (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Julidan tetangga adalah salah satu hal yang harus dihindari. Namun sayangnya setiap manusia tidak bisa mengontrol sifat orang lain.

Karenanya, sebagai umat muslim dianjurkan untuk selalu membaca doa agar terhindar dari tetangga julid, agar Allah SWT memberikan Anda tetangga yang baik.

Bahkan Rasulullah SAW pernah bersabda agar umatnya melihat terlebih dahulu bagaimana lingkungan sekitar saat akan membangun rumah. Karena, tetangga yang baik akan menghasilkan pergaulan yang baik pula.

Baca Juga: Begini Cara Bu Siti Berbagi Jatah dengan 2 Suami Mudanya, Tetap Harmonis

Kelak di hari kiamat, banyak seseorang yang bertetanggaan dengan orang lain, namun sifatnya buruk; suka menyakiti dan enggan mau bersama dalam kebaikan. 

Dan ini arti sabda Rasulullah SAW: “Berapa banyak tetangga yang akan memegang tangan tetangganya di hari kiamat sambil berkata, ”Wahai Rabb-ku orang ini menutup pintunya dariku dan dia enggan memberi apa yang ia miliki.”

Supaya Anda dijauhkan dari tetangga yang buruk, cobalah amalkan doa-doa di bawah ini, seperti menghimpun dari Akurat.co.

Baca Juga: PART I: Kecelakaan Laut dan Nasib Status UNESCO Global Geopark Ciletuh Sukabumi

Doa Menghindari Tetangga Julid:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ جَارِ السُّوْءِ، وَمِنْ زَوْجٍ تُشَيِّبُنِيْ قَبْلَ المَشِيْبِ، وَمِنْ وَلَدٍ يَكُوْنُ عَلَيَّ رَبًّا، وَمِنْ مَالٍ يَكُوْنُ عَلَيَّ عَذَابًا، وَمِنْ خَلِيْلٍ مَاكِرٍ عَيْنُهُ تَرَانِيْ، وَقَلْبُهُ يَرْعَانِيْ، إِنْ رَأَى حَسَنَةً دَفَنَهَا، وَإِذَا رَأَى سَيِّئَةً أَذَاعَهَا

Allaahumma innii a’uudzu bika min jaarissuu’, wa min zaujin tusyayyibunii qoblal masyiib, wa min waladin yakuunu ‘alayya robban, wa min maalin yakuunu ‘alayya adzaaban, wa min kholiilin maakirin, ‘ainuhu taroonii, wa qolbuhu yar’aanii, in ro’aa hasanatan dafanahaa, wa idzaa ro’aa sayyi’atan adzaa’ahaa

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari tetangga yang buruk, dan dari istri yang membuatku beruban sebelum waktunya, dan dari anak yang menguasaiku, dan dari harta yang menjadi azab atasku, dan dari teman dekat pembuat makar, matanya melihatku sedang hatinya mengawasiku, jika ia melihat kebaikan pada diriku maka ia menyembunyikannya, dan jika ia melihat keburukan maka ia menyebarkannya.”

Doa Berlindung dari Tetangga yang Buruk:

Dari Abu Hurairah, ia berkata, “Salah satu doa yang dipanjatkan oleh Rasulullah SAW untuk terhindar dari tetangga yang buruk adalah sebagai berikut":

اللّهُمَّ! إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنْ جَارِ السُّوْءِ فِي دَارِ الْمُقَامِ فَإِنَّ جَارَ الدُّنْيَا يَتَحَوَّلُ

Allahumma inni a’uuzubika min jaaris-su`i fi daaril-muqaam fa inna jaarad-dun-ya yatahawwal.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari tetangga yang buruk di akhirat karena tetangga di dunia akan senantiasa berubah-ubah.”

Sumber: Akurat.co

Editor : Reza

Tags :
BERITA TERKAIT