Sukabumi Update

Batu Buruy, Daya Tarik Gunung Sunda Sukabumi yang Menyimpan Cerita Mistis

Batu Buruy menjadi salah satu batu yang menyimpan cerita mistis dan menjadi daya tarik di Gunung Sunda Sukabumi | Foto: YouTube/Mr. Jams official

SUKABUMIUPDATE.com - Gunung Sunda Sukabumi menjadi salah satu bukit yang tidak jauh dari Kota Sukabumi. Lokasi ini juga menjadi salah satu spot wisata karena memiliki pemandangan alam yang indah.

Gunung Sunda Sukabumi memiliki ketinggian 600-700 mdpl, bukit ini tepatnya berada di Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

Gunung (perbukitan) yang terbentuk dari batuan pasir kuarsa dengan kemiringan lereng lebih dari 40% dan memiliki luas -+150 ha itu menjadi daerah resapan air dan sumber mata air bagi beberapa perkampungan yang mengelilingi Gunung tersebut.

Baca Juga: 7 Cerita Mistik Gunung Sunda Sukabumi, Benda Pusaka hingga Pesantren Gaib

Banyak yang sengaja datang ke tempat ini untuk sekedar menikmati keindahan alam. Dari atas Gunung Sunda bisa terlihat jelas Gunung Gede Pangrango serta Gunung Salak yang tinggi menjulang.

Selain itu, salah satu daya tarik di Gunung Sunda yaitu adanya bebatuan yang melegenda salah satunya batu Buruy.

Batu Buruy Gunung Sunda | Foto : IstBatu Buruy Gunung Sunda | Foto : Ist

Disebut Batu Buruy karena batu tersebut menyerupai bentuk buruy (kecebong). Di tengah batu terdapat sebuah lobang yang selalu terisi air dan di dalamnya hidup binatang buruy atau kecebong.

Baca Juga: Panji Petualang Temukan Ular Naga Endemik Pulau Jawa di Gunung Sunda

Batu buruy sendiri terletak di sisi sebelah barat yang berada tidak jauh dari puncak Gunung Sunda.

Konon, salah satu cerita mistis yang beredar di masyarakat tentang batu ini yaitu dahulu pernah ada warga yang pergi ke Batu Buruy kemudian orang tersebut menghilang yang diyakini dibawa ke suatu kerajaan gaib sebelum akhirnya dikembalikan lagi di Batu Buruy itu.

Selain batu Buruy, di sekitar Gunung Sunda juga terdapat beberapa batu purba lain yaitu Batu Lulumpang, Batu Kasur dan Batu Bilik yang juga menjadi daya tarik tempat tersebut.

Hingga saat ini batu-batu tersebut masih bisa ditemui di atas Gunung Sunda Sukabumi.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT