Sukabumi Update

Apakah Melaksanakan Sholat Hajat Harus Tidur Dulu? Ini Kata Ustadz Abdul Somad

Ilustrasi. Ustadz Abdul Somad menjelaskan mengenai apakah melaksanakan sholat hajat harus tidur dulu atau tidak | (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Sholat Hajat menjadi salah satu sholat yang dianjurkan ditunaikan oleh umat Islam. Sholat hukumya sunnah namun memiliki pahala besar bagi yang melaksanakannya.

Sholat Hajat umumnya dilaksanakan sebagai jembatan doa ketika menginginkan sesuatu, seperti pernikahan, lulus ujian, atau keberhasilan mencapai yang dicita-citakan.

Mungkin banyak yang bertanya apakah sebelum melaksanakan sholat Hajat harus tidur terlebih dulu seperti hal nya melaksanakan sholat Tahajud?

Menjawab hal tersebut, Ustadz Abdul Somad dalam salah satu ceramahnya sempat menjelaskan mengenai sholat Hajt ini.

Baca Juga: Kenapa Doa Lama Dikabul Bahkan Tidak Dikabulkan? Ini Kata Ustadz Adi Hidayat

Melansir dari Suara.com, menurut Ustadz Abdul Somad dalam saluran Youtube Hemrast Channel Sholat Hajat mengikuti sabda nabi bahwa sebaik-baik doa adalah doa yang didahului dengan sholat dua rakaat. “Doanya atau mintanya terserah, boleh sesuatu yang bersifat duniawi,” ujar Abdul Somad dalam saluran Youtube tersebut.

Walau demikian, tak ada waktu-waktu khusus yang mengatur kapan dilaksanakannya Sholat Hajat, sehingga sholat tersebut tak selalu didahului dengan tidur. Namun, jika Sholat Hajat akan dilakukan setelah Sholat Tahajud, maka diwajibkan untuk tidur terlebih dahulu sebagai syarat sahnya Sholat Tahajud.

Ustadz Abdul Somad juga membagikan tips doa yang afdol ketika melaksanakan Sholat Hajat. Sebelum meminta urusan kita, doa sebaiknya didahului dengan membaca basmalah, dilanjutkan dengan hamdalah, serta sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Setelah itu, ucapkan hajat yang dipintakan secara spesifik mungkin.

Baca Juga: Hati-hati, Inilah Alasan Kenapa Manusia Melakukan Maksiat Menurut Buya Yahya

Ustadz Abdul Somad juga tidak menyarankan membaca surat tertentu dalam dua rakaat Sholat Hajat. Menurutnya, ayat apapun di dalam Al-Qur’an adalah bacaan yang baik dalam Sholat Hajat.

Tata Cara Sholat Hajat

Tata cara Sholat Hajat sama seperti sholat sunnah dua rakaat lainnya. Sholat Hajat dimulai dengan niat usholli sunnatal haajati rak'ataini lillahi ta’ala yang artinya “Aku berniat shalat hajat sunnah hajat dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Setelah membaca niat, berikut adalah urut-urutan tata cara Sholat Hajat.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Rasa Gelisah Berlebihan Menurut Ustadz Adi Hidayat

  1. Membaca doa iftitah
  2. Membaca Al-Fatihah
  3. Membaca surat pendek. Tidak ada ketentuan khusus mengenai surat yang dibaca.
  4. Ruku dengan Tuma’ninah
  5. I'tidal dengan Tuma’ninah
  6. Sujud dengan Tuma’ninah
  7. Duduk di Antara Dua Sujud dengan Tuma’ninah
  8. Sujud Kedua dengan Tuma’ninah
  9. Mengerjakan rakaat kedua sama seperti rakaat pertama.
  10. Membaca tasyahud akhir setelah sujud kedua di rakaat kedua.
  11. Salam.

Demikian tata cara Sholat Hajat bagi umat muslim yang sedang menginginkan sesuatu. Setelah salam, panjatkan doa dengan sungguh-sungguh kepada Allah Swt. agar keinginan terkabul. Di samping Sholat Hajat, usaha untuk mencapai apa yang diinginkan juga tak kalah pentingnya.

Sumber: Suara.com/Nadia Lutfiana Mawarni

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT