Sukabumi Update

Bacaan Doa Ketika Ada Orang yang Menaruh Rasa Iri Dengki Kepada Kita

Ilustrasi . Bacaan Doa Ketika Ada Orang yang Menaruh Rasa Iri Dengki Kepada Kita. (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Sifat iri dengki termasuk kedalam penyakit hati yang sangat tercela. Biasanya, orang yang menaruh rasa iri dengki tidak senang bila melihat keluarga, tetangga atau teman mendapatkan kebahagiaan.

Rasa iri dengki merupakan sumber kejahatan yang dapat mendorong seseorang berbuat kezaliman. Maka dari itu, hilangkan rasa iri dengki yang menyelimuti hati dan pikiran.

Namun, bagi para wali Allah dan orang-orang saleh mereka memiliki akhlak yang luar biasa ketika ada orang yang menaruh rasa iri dengki.

Baca Juga: 5 Bacaan Doa Agar Kamu Segera Dapat Pekerjaan dan Terbebas dari Pengangguran

Orang saleh dan para wali Allah akan bersyukur ketika banyak orang yang menaruh rasa iri dengki. Orang saleh dan wali Allah akan kasihan dan sayang kepada orang-orang yang membencinya.

Bahkan, mereka memohonkan ampunan kepada Allah SWT untuk orang yang menaruh rasa iri dengki. Mengutip Nu Online, berikut ini adalah doa yang di amalkan orang saleh dan wali Allah kepada mereka yang menaruh rasa iri dengki.

اللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِحَاسِدِيْنَا فَإِنَّهُمْ لِمَا عِنْدَهُمْ مِنَ الضَّيْقِ لَا يَحْتَمِلُوْنَ رُؤْيَةَ النِّعَمِ الَّتِي عَلَيْنَا دُوْنَهُمْ، وَلَوِ اتَّسَعَتْ نُفُوْسُهُمْ لَمْ يَقَعُوْا فِي حَسَدِنَا

Allâḥummaghfir li hâsidînâ, fa innahum li mâ ‘indahum minadl dlaiqi lâ yaḫtamilûna ru’yatan ni‘amil latî ‘alainâ dûnahum. Wa law ittasa’at nufûsuhum lam yaq‘û fî hasadinâ

Artinya:

“Ya Allah, ampunilah para pendengki kami karena mereka dalam kesempitan hatinya tidak kuat melihat nikmat-nikmat yang dianugerahkan pada kami, bukan pada mereka. Andai berhati lapang, mereka tentu takkan iri dengki kepada kami,”

Baca Juga: 7 Amalan Pembuka Pintu Rezeki, Yuk Lakukan Setiap Hari

Akhlak seperti orang-orang saleh dan para wali ini ditiru serta diteladani hanya sedikit orang di luar sana. Kebanyakan orang-orang akan mengharapkan yang tidak baik terhadap mereka yang menaruh rasa iri dan dengki kepadanya. (As-Sya’rani, tanpa tahun: 37).

Oleh karenanya, jika ada orang yang menaruh rasa iri dengki kepada kita, harus dibalas dengan sikap rasa syukur kepada Allah SWT.

Sumber: Nu Online

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT