Sukabumi Update

8 Kebiasaan Hidup Sehat Ala Nabi Muhammad SAW yang Wajib Diteladani

Ilustrasi. 8 Kebiasaan Hidup Sehat Ala Nabi Muhammad SAW yang Wajib Diteladani. (Sumber : Frepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Nabi Muhammad SAW adalah sosok yang wajib umat Muslim teladani dalam segala aspek, termasuk kebiasaan pola hidup sehatnya. Pola hidup sehat yang diterapkan Rasulullah SAW membuat beliau jarang sakit semasa hidupnya.

Oleh karenanya, pola hidup sehat ala Nabi Muhammad SAW ini dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hidup sehat juga dapat membuat kita lebih bersemangat dan positif dalam menjalani aktivitas.

Berikut adalah beberapa kebiasaan hidup sehat yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad (SAW):

1.Makan dengan Porsi yang Terkendali

Nabi Muhammad (SAW) mengajarkan untuk makan dengan porsi yang tidak berlebihan. Beliau sering mengingatkan umatnya agar tidak makan terlalu kenyang atau terlalu lapar.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Konsumsi Kopi Hitam Tanpa Gula Untuk Kesehatan

2. Makan dengan Tangan yang Bersih

Nabi Muhammad (SAW) sangat menekankan pentingnya mencuci tangan sebelum dan setelah makan. Beliau juga mengajarkan untuk tidak menggunakan tangan kiri saat makan.

3. Memilih Makanan yang Sehat

Nabi Muhammad (SAW) menganjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang baik dan sehat. Beliau menyukai buah-buahan, sayuran, kurma, madu, dan daging yang halal.

Baca Juga: Link Nonton Film Sewu Dino Full Movie, Film Horor Tentang Santet yang Mematikan

4. Berpuasa

Puasa merupakan salah satu praktik yang sangat dianjurkan dalam Islam. Nabi Muhammad (SAW) berpuasa secara rutin, termasuk puasa sunnah seperti puasa Senin dan Kamis, puasa pada hari Asyura, dan puasa pada bulan Ramadan.

5. Aktivitas Fisik

Nabi Muhammad (SAW) senantiasa aktif secara fisik dan mengajak umatnya untuk bergerak. Beliau sering melakukan perjalanan jauh, berjalan kaki, berkebun, bermain dengan anak-anak, dan berolahraga.

6. Tidur yang Cukup

Nabi Muhammad (SAW) mengatur waktu tidurnya dengan bijak. Beliau biasanya tidur cukup, namun juga bangun di tengah malam untuk melaksanakan ibadah tahajud.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Nasi Bakar Lezat di Sukabumi, Gurihnya Bikin Ngiler

7. Kebersihan dan Perawatan Tubuh

Nabi Muhammad (SAW) sangat menjaga kebersihan dan perawatan tubuh. Beliau senantiasa menjaga kebersihan diri, termasuk mandi secara teratur, menjaga kebersihan gigi, memotong kuku, dan menjaga penampilan diri.

8. Menghindari Kebiasaan Buruk

Nabi Muhammad (SAW) melarang umatnya dari kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol, dan mengonsumsi makanan yang haram atau tidak sehat.

 

 

 

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT