Sukabumi Update

Bacaan Doa Setelah Adzan yang Perlu untuk Dilafalkan Umat Muslim

Bacaan Doa Setelah Adzan yang Perlu untuk Dilafalkan Umat Muslim (Sumber : schmu.id)

SUKABUMIUPDATE.com - Membaca doa setelah adzan merupakan hal yang diperintahkan untuk menjawab panggilan adzan bagi seluruh umat muslim.

Sebagai informasi, setiap kalimat saat adzan dikumandangkan mempunyai jawaban yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, saat mendengar adzan, sebaiknya umat muslim menghentikan segala aktivitasnya. 

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Nanas untuk Kecantikan Wajah, Bisa Cegah Jerawatan!

Hal tersebut adalah salah satu adab yang perlu dilakukan sebagai umat Nabi Muhammad SAW. 

Selain itu, setelah adzan selesai berkumandang pun, umat muslim juga perlu membaca doa setelah adzan. Dan berikut bacaan doa setelah Adzan seperti menghimpun dari NU online.

Doa Setelah Adzan

Baca Juga: 3 Bacaan Doa untuk Membolak Balikkan Hati Seseorang

Allahumma rabba haadzihid da'watit taammah. Wash shalaatil qaa-imah. Aati muhammadal wasiilata wal fadhiilah, wab'atshu maqoomam mahmuudal ladzii wa'adtahu innaka la tukhliful mi'ad

Artinya: "Ya Allah, Tuhan yang memiliki panggilan ini, yang sempurna dan memiliki salat yang didirikan. Berilah Nabi Muhammad wasilah dan keutamaan, serta kemuliaan dan derajat yang tinggi, dan angkatlah ia ke tempat yang terpuji sebagaimana yang Engkau telah janjikan". 

Menghimpun dari Suara.com, selesai membaca doa setelah adzan, disunnahkan bagi muadzin dan orang yang mendengar adzan untuk membaca sholawat. Berikut bacaan shalawat yang dianjurkan. 

Allahumma shalli ‘ala sayyidina Muhammad wa ‘ala `ali sayyidina Muhammad kama shallaita ‘ala sayyidina Ibrahim, wa ‘ala `ali sayyidina Ibrahim, wa barik ‘ala sayyidina Muhammad wa ‘ala `ali sayyidina Muhammad kama barakta ‘ala sayyidina Ibrahim, wa ‘ala `ali sayyidina Ibrahim, innaKa Hamidun Majidun 

Artinya: “Ya Allah, berilah rahmat pada Nabi Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau merahmati Nabi Ibrahim dan keluarganya, serta berkatilah Nabi Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau berkatilah Nabi Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Agung” 

Kemudian disebutkan pula dalam kitab yang berjudul Jami'ul Ahadits, terdapat doa khusus setelah adzan magrib, yaitu 

Allahumma hadza iqbalu lailika wa idbaru naharika wa ashwatu du’aika faghfir lii

Artinya: “Ya Allah, ini adalah (saat) datangnya malam-Mu, dan perginya siang-Mu, dan terdengarnya doa-doa untuk-Mu, maka ampunilah aku.” 

Kemudian setelah adzan Subuh, umat muslim juga disunahkan untuk merapal doa khusus. Seperti disebutkan dalam kitab Fathul Muin, halaman 280, berikut ini bacaan doanya: 

Allahumma hadza iqbalu naharika wa idbaru lailika wa ashwatu du’aika faghfir li

Artinya: “Ya Allah, ini adalah (saat) datangnya siang-Mu, dan perginya malam-Mu, dan terdengarnya doa-doa untuk-Mu, maka ampunilah aku.” 

Begitulah bacaan doa setelah adzan latin lengkap dengan artinya. Anda dapat mengamalkannya mulai sekarang demi mendapatkan keberkahan dan pahala yang berlimpah dari Allah SWT.

Editor : Reza

Tags :
BERITA TERKAIT