Sukabumi Update

Doa yang Dianjurkan Dibaca Saat Menyambut Orang Pulang Haji ke Tanah Air

Ilustrasi - JDoa yang Dianjurkan Dibaca Saat Menyambut Orang Pulang Haji ke Tanah Air. | (Sumber : haji.kemenag.go.id)

SUKABUMIUPDATE.com - Jemaah haji mulai pulang ke tanah air secara bertahap. Fase kepulangan ini menyusul telah rampungnya pelaksanaan ibadah haji. Gelombang pertama jemaah haji telah sampai dan kini menyusul gelombang selanjutnya.

Nah, di Indonesia sendiri terdapat berbagai macam tradisi untuk menyambut orang yang baru pulang haji. Seperti menggelar syukuran atau selamatan dengan mengundang kerabat dan tetangga.

Mereka yang menyambut orang pulang haji biasanya akan berjabat tangan dan meminta doa setelah mereka baru saja sampai ke kampung halaman.

Baca Juga: 5 Bacaan Doa Agar Kamu Segera Dapat Pekerjaan dan Terbebas dari Pengangguran

Berbicara mengenai tradisi ini, Muhammad Abror dalam tulisannya di Nu Online dengan judul Anjuran Minta Doa Kepada Jemaah Haji yang Baru Pulang ke Tanah Air mengatakan, bahwa meminta doa kepada jemaah haji yang baru pulang ke daerahnya merupakan anjuran dari Rasulullah SAW.

Jika dirinci, memohon doa adalah tahap terakhir. Sebelum meminta doa, ada baiknya mengucapkan salam lebih dahulu. Selanjutnya baru berjabat tangan dan meminta doa ampunan kepada Allah SWT.

Doa meminta ampunan itu disampaikan kepada orang yang baru mendapat gelar haji untuk berdoa kepada Allah SWT, sebelum orang haji tersebut memasuki rumahnya.

Baca Juga: Baca Doa Ini Agar Lolos PPDB dan Diterima di Sekolah yang Diinginkan

Mengutip Nu Online, Muhammad Abror dalam hal ini menyebutkan bahwa anjuran tersebut didasarkan pada sebuah hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, sebagai berikut:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا لَقِيتَ الْحَاجَّ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ وَصَافِحْهُ وَمُرْهُ أَنْ يَسْتَغْفِرَ لَكَ قَبْلَ أَنْ يَدْخُلَ بَيْتَهُ فَإِنَّهُ مَغْفُورٌ لَهُ


Artinya:

“Dari Abdullah bin Umar, ia berkata: ‘Rasulullah ﷺ bersabda: ‘Jika kamu menjumpai orang yang baru berpulang dari haji maka berilah salam kepadanya, dan jabatlah tangannya, serta mintalah kepadanya untuk memohonkan ampun buatmu sebelum ia memasuki rumahnya, sebab ia telah diampuni dosa-dosanya.’” (HR Imam Ahmad).

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Dekat Kota Sukabumi yang Indah dan Wajib Kamu Kunjungi

Kemudian salah satu doa yang dapat dibacakan adalah dalam redaksi riwayat Imam Al-Baihaqi dari Sahabat Abu Hurairah ra sebagai berikut:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْحَاجِّ وَلِمَنِ اسْتَغْفَرَ لَهُ الحَاجُّ

Allâhummaghfir lil hâjj, wa li man istaghfara lahul hâjj.

Artinya:

“Ya Allah, ampunilah dosa jamaah haji ini dan dosa orang yang dimintakan ampun oleh jamaah haji ini.”

Sumber: Nu Online

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT