Sukabumi Update

Penelitian: Melihat Wajah Pria Tampan Berdampak Positif untuk Otak

Ilustrasi. Pasangan | Penelitian: Melihat Wajah Pria Tampan Berdampak Positif untuk Otak (Sumber : pixabay.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Melihat sosok pria tampan atau ganteng tak hanya membuat wanita jatuh cinta, melainkan ada sederet manfaat yang bisa dirasakan. Bahkan, manfaat melihat orang ganteng telah terbukti secara sains melalui studi penelitian di jurnal Evolutionary Psychology.

Menurut penelitian tersebut sebagaimana dikutip via manajemen.uma.ac.id, memandang wajah pria tampan bisa meningkatkan daya ingat dan memotivasi diri sendiri. Manfaat itu berkaitan dengan aktivitas yang seolah tidak ada tetapi bisa membuat diri lebih segar dan bahagia.

Penelitian manfaat melihat wajah pria tampan dilakukan pada sejumlah wanita paruh baya. Ini berkaitan dengan semakin tua usia maka semakin sedikit memori yang dimiliki.

Baca Juga: 5 Mitos Batu Hitam di Dunia, Ada Misteri Sekitar Stadion Suryakencana Sukabumi!

Para peneliti meminta peserta untuk mengingat sebanyak mungkin nama karakter dalam satu menit. Mereka diminta mengingat nama-nama tersebut sambil melihat foto seorang pria tampan.

Menurut penelitian, metode ini terbukti meningkatkan peluang para responden untuk menjawab pertanyaan dengan benar. Konon rata-rata wanita usia dewasa ini bisa menjawab dua sampai empat pertanyaan dengan lebih baik.

Temuan tentang manfaat melihat wajah pria tampan juga dikonfirmasi dengan melihat gelombang otak para peserta saat diuji.

Baca Juga: 5 Contoh Batu Alam Indonesia, di Warudoyong Sukabumi Jenis Apa?

Saat mereka melihat foto pria tampan, gelombang otak mereka tampak lebih aktif dari biasanya. Melalui percobaan, terbukti lobus temporal yang berhubungan dengan memori menjadi lebih aktif.

Hal itu juga didukung oleh pernyataan ahli media lain yang mengklaim bahwa melihat foto pria tampan memang dapat meningkatkan mood hingga menimbulkan efek positif pada otak.

Akan tetapi, manfaat yang sama tidak tidak terjadi pada pria. Saat pria melihat foto wanita cantik, ingatan mereka justru tidak meningkat secara signifikan. Pemandangan wanita cantik, menurutnya, malah bisa mengganggu ingatan dan fokus karena mengalihkan perhatian.

Para peneliti juga mengungkapkan bahwa efek motivasi yang muncul saat pria melihat wanita cantik cenderung berbeda. Motivasi yang muncul pada pria biasanya meliputi motivasi agar wanita tertarik padanya, motivasi untuk bekerja keras agar terlihat keren dan motivasi untuk tampil lebih keren dari biasanya di hadapan wanita.

Sumber: manajemen.uma.ac.id

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT