Sukabumi Update

Mengantuk Saat Bekerja? Simak 7 Tips Mengatasinya!

Mengantuk Saat Bekerja? Ini 7 Tips Mengatasinya! (Sumber : Freepik/@user18526052)

SUKABUMIUPDATE.com - Bekerja di siang hari rawan merasakan kantuk berlebihan. Akhirnya, menguap menjadi selingan pekerjaan. 

Jika rasa kantuk saat bekerja tidak diatasi, urusan pekerjaan mungkin bisa jadi terbengkalai. 

Baca Juga: 5 Mitos Batu Hitam di Dunia, Ada Misteri Sekitar Stadion Suryakencana Sukabumi!

Dilansir dari Healthline via Tempo.co, berikut cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kantuk di tempat kerja pada siang hari:

Tips Atasi Ngantuk Saat Bekerja

1. Kafein

Kafein dapat menjadi dorongan energi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan. Kafein merupakan stimulan yang dapat meningkatkan aktivitas otak dan sistem saraf. Selain itu, kafein dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan kinerja mental, dan dapat melawan rasa kantuk. 

Namun, jika berlebihan akan bahaya karena terlalu banyak kafein dapat merangsang secara berlebihan dan membuat gelisah. Ini akan mempengaruhi tingkat produktivitas dalam bekerja.

2. Lakukan Power Nap

Sedikit memejamkan mata dapat mengatasi kantuk pada siang hari. Maka, jika ini dapat membantu dengan maksimal, tidurlah dengan cepat saat istirahat makan siang.

3. Bangun dari Meja

Duduk terlalu lama di satu tempat dapat memperburuk rasa kantuk pada siang hari. Maka, solusi untuk itu, bangkitlah secara berkala untuk membantu Anda terjaga dan berkonsentrasi pada pekerjaan. 

Jika tidak bisa jauh dari meja, bergeraklah secara kreatif di meja Anda, mungkin dapat menggoyangkan kaki saat berada di kursi Anda.

4. Dengarkan Musik

Mendengarkan musik tidak akan mempengaruhi produktivitas. Musik yang ceria juga dapat mencegah kantuk karena semakin ceria musiknya, maka akan semakin baik.

5. Makan Siang Ringan

Jika mengantuk, makan siang yang berat akan memperburuk kantuk. Maka hindari juga camilan manis, soda, atau karbohidrat seperti roti putih dan pasta putih. 

Makan siang ringan untuk menjaga energi. Saat akan makan siang, pilih sumber energi yang lebih sehat. Ini bisa seperti telur rebus, ayam, beri, kacang-kacangan, sayuran, dan biji-bijian.

6. Jaga Ruang Kerja Tetap Terang

Buka tirai dan biarkan cahaya alami masuk. Sinar matahari dapat meningkatkan kewaspadaan dan energi. 

Jendela akan memancarkan sinar UV tingkat rendah dan membantu mengatur siklus bangun sehingga merasa kurang mengantuk.

7. Percikkan Air Dingin ke Wajah

Jika kesulitan untuk tetap terjaga di tempat kerja, pergilah ke kamar mandi dan percikkan air dingin. 

Peretasan cepat dan sederhana menyegarkan dan mencegah kantuk. Udara sejuk pada wajah yang akan sangat berpengaruh pada kantuk.

Sumber: Tempo.co

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT