Sukabumi Update

6 Tahun Berturut-turut, Finlandia Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia

Ilsutrasi. 6 Tahun Berturut-turut, Finlandia Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Finlandia menjadi negara paling bahagia di dunia selama enam tahun berturut-turut. Hal ini bukan opini publik semata, melainkan merujuk pada Laporan Kebahagian Dunia, Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Finlandia sendiri adalah negara Eropa Utara yang berbatasan dengan Swedia, Norwegia, dan Rusia. Ibukota Finlandia adalah Helsinki, menempati semenanjung dan pulau-pulau sekitarnya di Laut Baltik.

Helsinki adalah rumah bagi benteng laut abad ke-18 Suomenlinna, Distrik Desain yang modis dan beragam museum. Dari provinsi Lapland Arktik, hutan belantara yang luas dengan taman nasional dan resor ski serta Cahaya Utara dapat dilihat dengan jelas.

Melansir npr.org, Michel Martin melaporkan bahwa Finlandia adalah negara paling bahagia di dunia untuk ke sekian kalinya. Laporan Kebahagiaan Dunia PBB memberikan penghargaan tertinggi kepada Finlandia untuk kesehatan, pendapatan, dan dukungan sosial selama enam tahun berturut-turut.

"Finlandia mengatakan kebahagiaan adalah keterampilan yang dapat diajarkan" kata Michel, dilansir pada Minguu (16/7/2023).

Baca Juga: Sukabumi Anti Jomblo, Daftar Top 5 Daerah Paling Bucin di Jawa Barat

Laporan Kebahagiaan Dunia diterbitkan setiap tahun pada tanggal 20 Maret untuk menandai 'Hari Kebahagiaan Internasional'. Melansir yle.fi, negara Finlandia kembali dinobatkan sebagai negara paling bahagia di dunia selama 6 tahun berturut-turut.

Laporan Kebahagiaan Dunia ini disusun oleh Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan, sebuah prakarsa global Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Studi ini meminta responden untuk mengevaluasi kehidupan mereka menggunakan gambaran mental sebuah tangga. Skala yang digunakan yaitu 10 (terbaik) dan 0 (terburuk).

Hasil evaluasi kehidupan tersebut kemudian dikorelasikan dengan berbagai faktor kehidupan, mulai dari PDB per kapita, dukungan sosial, harapan hidup sehat, kebebasan, kedermawanan hingga korupsi.

Ada 10 Peringkat teratas Negara Paling Bahagia berdasarkan Laporan Kebahagiaan Dunia 2022. Diantaranya Finlandia, Denmark, Islandia, Israel, Belanda, Swedia, Norwegia, Swiss, Luksemburg dan Selandia Baru.

Baca Juga: Sukabumi Masuk Daftar 10 Kabupaten/Kota dengan Penduduk Terbanyak se-Indonesia!

Laporan tahun 2023 juga melihat Lituania masuk 20 besar untuk pertama kalinya. Negara Baltik itu naik lebih dari 30 peringkat sejak tahun 2017 silam.

Adapun negara-negara yang paling tidak bahagia di dunia salah satunya adalah Lebanon. Negara ini diketahui telah dilanda konflik dan korupsi.

Kemudian ada Afghanistan, negara yang dilanda perang dan sekarang diperintah oleh para ekstremis Taliban.

Sumber: Berbagai Sumber.

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT