Sukabumi Update

4 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan, Bagus untuk Kesehatan Mental

Ilustrasi - 4 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan, Bagus untuk Kesehatan Mental (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Memiliki hewan peliharaan di rumah menjadi pilihan banyak orang, mulai dari hewan lucu hingga yang berbahaya sekalipun.

Bahkan di Amerika Serikat hampir 7 masyarakatnya memiliki hewan peliharaan menurut hasil survei American Pet Products Association sepanjang tahun 2021 sehingga 2022.

Namun tahukah kamu, memiliki hewan peliharaan ternyata memiliki manfaat untuk kehidupan manusia, tidak hanya sekedar untuk menjadi teman saja.

Baca Juga: 5 Cara Memperbaiki Mental Anak Korban Bullying, Peran Orang Tua Sangat Penting!

Dan berikut adalah sederet manfaat memiliki hewan peliharaan yang perlu untuk diketahui, seperti menghimpun dari Tempo.co.

1. Bagus untuk Kesehatan Mental 

Mengutip publikasi 6 Potential Health Benefits of Owning a Pet, tinjauan itu menunjukkan, punya hewan peliharaan bermanfaat untuk kesehatan mental. 

Misalnya, memelihara anjing bermanfaat untuk pemulihan gangguan stres pascatrauma dan memiliki hewan secara umum dikaitkan peningkatan kestabilan emosional. 

2. Hubungan Sosial

Memiliki hewan peliharaan, misalnya anjing secara alami membuat pemiliknya meningkatkan interaksi dengan lingkungan sekitar. 

Pada 2019, merujuk survei Mars menemukan, lebih dari 54 persen responden merasa terbantu terhubung dengan orang lain.  Aktivitas berjalan dengan anjing di tempat umum dapat meningkatkan interaksi sosial.

3. Bagus untuk Tekanan Darah 

Publikasi berjudul Cardiovascular Reactivity and the Presence of Pets, Friends, and Spouses: The Truth About Cats and Dogs menjelaskan, pemilik hewan peliharaan juga mengalami peningkatan yang lebih kecil dalam detak jantung dan tekanan darah selama stres. Peneliti menyarankan anjing dan kucing sebagai hewan peliharaan.

4. Dapat Mencegah Kesepian 

Mengutip Plos One, sebagian besar orang memiliki lebih banyak dukungan sosial, termasuk sedikit merasa kesepian saat bersama hewan peliharaannya. Mereka juga dilaporkan mengalami sedikit gejala depresi. 

Nah itulah sederet manfaat memiliki hewan peliharaan, apakah kamu memilikinya di rumah?

Sumber: Tempo.co

Editor : Reza

Tags :
BERITA TERKAIT