Sukabumi Update

4 Penyebab Venustraphobia dan Gejalanya: Fobia Langka Takut pada Wanita Cantik

Ilustrasi - 4 Penyebab Venustraphobia dan Gejalanya: Fobia Langka Takut pada Wanita Cantik (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Venustraphobia merupakan sebuah fobia langka yang takut ketika berhadapan atau bertemu dengan wanita yang cantik.

Orang yang menderita venustraphobia merasa sangat sulit untuk berada di sekitar wanita yang menarik dan kemungkinan akan merasa sangat cemas serta takut ketika berada di tempat yang sama.

Menghimpun dari Psych Times, meskipun melihat wajah cantik kemungkinan besar tidak akan mempengaruhi siapa pun, namun sebagian kecil orang yang melihat seorang wanita cantik akan merasakan semacam gairah yaitu seksual atau non-seksual, sehingga orang tersebut akan merasakan kecemasan.

Baca Juga: 6 Karakter Orang yang Suka Warna Biru: Tenang, Jujur dan Setia?

Meskipun begitu, sebenarnya sampai saat ini penyebab venustraphobia belum dapat diidentifikasi secara pasti. 

Namun, beberapa faktor dapat mempengaruhi perkembangan kondisi ini secara signifikan. Merangkum dari berbagai sumber via Tempo.co, berikut beberapa faktor penyebab seseorang menderita venustraphobia, diantaranya:

Penyebab Venustraphobia

Free photo close up portrait of cheerful woman smiling with teeth lean face on hands and admiring something loo

1. Genetik

Jika seseorang memiliki orang tua atau kakek nenek dengan kondisi kesehatan mental, seperti fobia atau gangguan kecemasan, kemungkinan besar mereka akan mengembangkan venustraphobia. 

Dikutip dari Mind Help, faktor lingkungan tertentu atau pengalaman traumatis juga dapat memicu fobia pada seseorang yang secara genetik cenderung mengalaminya. 

2. Trauma Masa Lalu

Melansir Exploring Your Mind, terkadang seseorang mungkin memiliki rasa takut akan kecantikan atau venustraphobia karena pengalaman masa kecil yang traumatis. 

Sebagai contoh, hidup dengan ibu yang lalai, acuh tak acuh, atau kasar juga dapat menyebabkan seseorang menjadi takut terhadap wanita. 

Pengidap fobia mungkin juga menghadapi perpisahan yang buruk atau perceraian dengan seorang wanita cantik dan akhirnya mengasosiasikan setiap wanita yang menarik dengan rasa sakit dan penderitaan. 

Pada dasarnya, segala jenis peristiwa yang membuat mereka sangat terluka atau terpengaruh secara emosional bisa membuatnya trauma dan memicu venustraphobia. 

Selain itu, stereotip bahwa wanita cantik itu misalnya matre, murahan, dan manja bisa jadi pemicu seseorang memiliki venustraphobia.

3. Memiliki Gangguan Kecemasan

Seseorang juga dapat mengalami venustraphobia karena sebenarnya sudah menderita gangguan kecemasan seperti OCD atau anxiety disorder. 

Jadi ketakutan terhadap wanita cantik mungkin hanya perpanjangan dari salah satu gangguan kecemasan mereka yang lain. 

Sebagai contoh, orang dengan OCD mungkin terobsesi dengan rasa tidak aman mereka sendiri dengan semua alasan yang tidak masuk akal. 

Hal ini kemudian membawa pikiran bahwa wanita cantik adalah orang yang juga perlu diwaspadai. Obsesi semacam ini lama-lama bisa berkembang menjadi venustraphobia. 

4. Merasa Rendah Diri

Umumnya, pria atau wanita dengan harga diri atau harga diri rendah lebih rentan terhadap fobia semacam ini. Melansir dari thebeautyholic.com, jika seseorang menderita perasaan rendah diri atau sangat pemalu, mereka mungkin ingin menghindari pergaulan dengan wanita yang memberikan kesan menarik dan kuat. Salah satunya wanita cantik.

Gejala Venustraphobia

Seperti kebanyakan fobia, seseorang dengan venustraphobia akan merasa sangat cemas ketika dihadapkan dengan ketakutan mereka. 

Mereka mungkin juga merasa sangat malu tentang ketidakmampuan mereka untuk bersantai dan mengendalikan emosi mereka ketika berada di sekitar wanita cantik. 

Rasa malu seperti itu bahkan dapat berkembang menjadi kebencian terhadap diri sendiri, perilaku narsistik, atau bahkan depresi. 

Kemungkinan besar, siapa pun yang memiliki venustraphobia akan merasakan berbagai gejala dengan intensitas yang berbeda-beda. 

Namun demikian, ketakutan dan penghindaran yang ekstrem kemungkinan besar akan menjadi gejala venustraphobia yang sangat umum.

Gejala Umum Venustraphobia

  • Kecemasan yang intens ketika berada di sekitar seorang wanita cantik
  • Kecemasan saat memikirkan wanita cantik
  • Memalukan, menyesal, dan kritis terhadap diri sendiri
  • Menghindari tempat-tempat di mana wanita yang menarik mungkin
  • Isolasi dan kesepian
  • Citra diri yang buruk
  • Dapat membuat keputusan hanya berdasarkan emosi

Baca Juga: 4 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan, Bagus untuk Kesehatan Mental

Sumber: Tempo.co | Mind Help | The Beautyholic | Exploringyourmind | Psyc Times

Editor : Reza

Tags :
BERITA TERKAIT