Sukabumi Update

Kenali 7 Ciri Orang Impulsif: Emosian dan Sulit Menahan Diri!

Ilustrasi. Marah-marah | Ciri Orang Impulsif: Emosian dan Sulit Menahan Diri! (Sumber : Freepik/@DrazenZigic)

SUKABUMIUPDATE.com - Ciri orang impulsif penting diketahui agar tidak menjadi salah satunya. Impulsif berbeda dengan orang kompulsif.

Perilaku kompulsif, melansir Primaya Hospital, adalah suatu gangguan kecemasan ketika pikiran tidak dapat dikendalikan. Orang kompulsif biasanya mengulang tindakan tertentu secara terus-menerus, menyebabkan distress yang signifikan dan mengganggu kehidupan sehari-hari.

Sementara impulsif adalah orang yang cepat bertindak secara tiba-tiba menurut gerak hati. Sikap Orang impulsif umumnya tergolong irrasional. Ciri orangg impulsif adalah jika bicara atau berbuat seringkali tidak disertai alasan yang jelas.

Baca Juga: 9 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kepribadian, Impulsif dan Emosian

Jadi, impulsif adalah orang yang cenderung bertindak tanpa berpikir terlebih dahulu tentang konsekuensi atau dampak dari tindakannya. Mereka sering kali merespons situasi dengan cepat, tanpa mempertimbangkan akibatnya secara mendalam.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa ciri orang impulsif yang dapat dikenali:

Ciri Orang Impulsif

1. Tindakan spontan

Orang impulsif cenderung merespons tanpa perencanaan atau pertimbangan yang matang. Mereka mungkin melakukan keputusan mendadak tanpa memikirkan implikasinya.

2. Sulit mengendalikan emosi

Mereka mungkin mudah terpancing oleh emosi dan sulit mengendalikan perasaan mereka. Sifat emosian ini dapat membuat orang impulsif melakukan suatu hal tanpa berpikir akibat dari tindakannya.

3. Kurang sabar

Orang impulsif tidak suka menunggu atau merencanakan sesuatu dengan matang. Mereka ingin hasil segera dan mungkin tidak sabar menunggu proses yang lebih panjang.

4. Mengambil risiko berlebihan

Orang impulsif cenderung mengambil risiko tanpa pertimbangan matang. Mereka mungkin melakukan sesuatu yang berbahaya atau merugikan tanpa memikirkan konsekuensinya.

5. Sulit menahan diri

Orang impulsif mungkin kesulitan menahan diri dari hasrat atau keinginan saat itu juga, bahkan jika itu bisa berdampak negatif pada diri mereka atau orang lain.

6. Sulit mengikuti rencana

Mereka cenderung kesulitan mengikuti rencana atau jadwal karena dorongan untuk bertindak sesuai keinginan saat itu juga.

7. Cepat beraksi tanpa pertimbangan

Orang impulsif bisa langsung merespons rangsangan atau situasi tanpa mempertimbangkan secara menyeluruh.

Baca Juga: 7 Ciri Seseorang Punya Mental Kuat, Optimis dan Tenang

Meski beberapa tingkat impulsivitas adalah normal dalam perilaku manusia, namun sifat impulsif dapat menjadi masalah jika sering menyebabkan tindakan merugikan atau konflik dalam kehidupan sehari-hari.

Jika Updaters atau kerabat mengalami masalah akibat impulsivitas yang berlebihan, sebaiknya mencari dukungan profesional dari psikolog atau konselor untuk membantu mengatasi perilaku tersebut.

Sumber: Berbagai Sumber.

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT