Sukabumi Update

7 Amalan Hari Jumat yang Dapat Datangkan Pahala Berlimpah, Yuk Lakukan!

Ilustrasi. Inilah beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan pada hari Jumat | Foto: Unplash

SUKABUMIUPDATE.com - Hari Jumat merupakan hari yang istimewa bagi umat Islam karena dianggap memiliki banyak keutamaan. Maka tak heran jika di hari tersebut dianjurkan untuk melakukan beberapa amalan ibadah.

Amalan yang dimaksud seperti berdzikir, bershalawat, sholat malam hingga memperbanyak membaca Al-Quran.

Bahkan Imam Al Ghazali dalam kitabnya Bidayatul Hidayah menganjurkan setiap Muslim untuk menghidupkan amalan hari Jumat dengan membaca beberapa surat Al-Quran.

Baca Juga: 8 Adab Sunnah untuk Umat Muslim di Hari Jumat, Mandi Hingga Pakai Parfum

Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan pada hari Jumat.

1. Membaca Surah Al-Kahfi

Membaca surah Al-Kahfi pada malam Jumat dianggap sebagai amalan yang sangat dianjurkan. Surah Al-Kahfi terdapat pada juz 15 dalam Al-Quran dan memiliki banyak keutamaan.

2. Shalat Sunnah

Sunnah Mu'akkadah adalah shalat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan sebelum atau sesudah shalat Jumat. Terdapat empat rakaat sunnah mu'akkadah sebelum shalat Jumat dan dua rakaat setelahnya.

Baca Juga: Anjuran Sunnah Rasul di Malam Jumat, Ini Penjelasan Hadits!

3. Berdzikir dan Istighfar

Memperbanyak dzikir dan istighfar pada malam Jumat juga memiliki keutamaan. Dzikir kepada Allah SWT dan memohon ampunan-Nya dapat membersihkan hati dan mendatangkan berkah.

4. Membaca Doa

Selain berdzikir, membaca doa-doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW pada malam Jumat adalah juga amalan yang baik dilakukan. Misalnya, doa untuk orang tua, doa perlindungan dari fitnah kubur, dan doa-doa lainnya.

Baca Juga: Contoh Khutbah Jumat Bahasa Sunda Tentang "Tanda Hate Anu Sehat"

5. Berinfak dan Bersedekah

Memperbanyak berinfak dan bersedekah pada malam Jumat juga sangat dianjurkan. Memberikan sedekah di hari Jumat dianggap sebagai amalan yang berlipat ganda pahalanya.

6. Berwudhu

Disunnahkan bagi umat Muslim untuk berwudhu sebelum pergi ke masjid untuk shalat Jumat. Wudhu akan meningkatkan kesucian dan kebersihan dalam menjalankan ibadah.

Baca Juga: 5 Manfaat Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jumat, Jangan Dilewatkan

7. Bersholawat

Dianjurkan juga untuk mengirimkan salam dan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, karena dengan melakukan hal ini, kita akan mendapatkan syafaat beliau di akhirat.

Namun, penting diingat bahwa sifat sunnah dari amalan-amalan ini bisa berbeda tergantung pada mazhab atau pendapat ulama yang diikuti oleh setiap Muslim.

Selain itu, menjalankan amalan-amalan ini haruslah didasari dengan niat yang ikhlas dan dengan keyakinan sepenuh hati bahwa Allah SWT akan menerima ibadah kita.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT