Sukabumi Update

Doa untuk Orang yang Memiliki Iri Dengki Kepada Kita, Yuk Amalkan

Ilustrasi - Doa untuk Orang yang Memiliki Iri Dengki Kepada Kita, Yuk Amalkan (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Iri dengki adalah sifat yang dimiliki oleh manusia ketika melihat seseorang meraih suatu kesuksesan atau penghargaan. Sifat tersebut jika terus dipendam akan berubah menjadi rasa benci dan berakhir ingin menjatuhkan orang lain.

Manusia yang memiliki sifat iri dengki ke orang lain selalu merasa tidak mendapat keadilan dalam hidupnya lalu menyalahkan Allah SWT. Hidupnya terasa sia-sia karena harapan yang diinginkannya tak pernah tercapai.

Tentu saja sifat tersebut tidak baik karena bisa merusak kepercayaannya terhadap agama dan kebenaran yang ada. Sebagai umat muslim kalau melihat orang iri dengki bukan dijauhkan atau dibicarakan keburukannya, tapi doakan agar perasaannya bisa lebih baik.

Baca Juga: 11 Tanda Orang Memiliki Kepribadian Baik dan Bijaksana Dalam Bersikap

Berikut doa yang bisa dibaca terhadap orang-orang yang memiliki iri dan dengki, dikutip via NU Online.

اللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِحَاسِدِيْنَا فَإِنَّهُمْ لِمَا عِنْدَهُمْ مِنَ الضَّيْقِ لَا يَحْتَمِلُوْنَ رُؤْيَةَ النِّعَمِ الَّتِي عَلَيْنَا دُوْنَهُمْ، وَلَوِ اتَّسَعَتْ نُفُوْسُهُمْ لَمْ يَقَعُوْا فِي حَسَدِنَا

Allâḥummaghfir li hâsidînâ, fa innahum li mâ ‘indahum minadl dlaiqi lâ yaḫtamilûna ru’yatan ni‘amil latî ‘alainâ dûnahum. Wa law ittasa’at nufûsuhum lam yaq‘û fî hasadinâ


Artinya:

Ya Allah, ampunilah para pendengki kami karena mereka dalam kesempitan hatinya tidak kuat melihat nikmat-nikmat yang dianugerahkan pada kami, bukan pada mereka. Andai berhati lapang, mereka tentu takkan iri dengki kepada kami,”(Imam Abdul Wahab As-Sya’rani, Tanbihul Mughtarrin, [Semarang, Thaha Putra: tanpa tahun], halaman 37).

Baca Juga: 7 Ciri Orang yang Tidak Berani Keluar dari Zona Nyaman, Apa Kamu Termasuk?


Akhlak seperti orang saleh dan para wali ini hanya ditiru dan diteladani oleh sebagian orang. Kebanyakan orang malah mengharapkan yang tidak baik kepada mereka yang menaruh rasa iri dan dengki kepadanya. (As-Sya’rani, tanpa tahun: 37).

Semoga dengan doa ini bisa membantu hilangkan perasaan iri dengki pada orang lain

Sumber: NU Online 

Writer: Octa

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT