Sukabumi Update

Bacaan Doa Untuk Memperbaiki Diri Sendiri dari Akhlak Buruk, Yuk Amalkan

Ilustrasi berdoa - Bacaan Doa Untuk Memperbaiki Diri Sendiri dari Akhlak Buruk, Yuk Amalkan. | (Sumber : Pixabay.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Memperbaiki diri sendiri adalah suatu keharusan yang perlu dilakukan oleh setiap umat muslim jika sedang melakukan kesalahan, tertimpa masalah atau musibah.

Sering sekali kita melakukan hal buruk yang tidak bisa dikendalikan seperti marah berlebihan, atau tidak mampu menahan hawa nafsu ketika diberi cobaan. 

Ketika menghadapi semua itu ada perubahan akhlak yang tadinya baik menjadi buruk.  Nah, untuk memperbaikinya kita bisa melalui doa yang diajarkan oleh Rasulullah saw, sekaligus memohon bimbingan kepada Allah agar diberi akhlak mulia. 

Baca Juga: 9 Tips yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Pergi Liburan Agar Aman dan Nyaman

Dengan berdoa semoga saja akhlak kita perlahan-lahan berubah menjadi baik. Sebab, doa merupakan bentuk ikhtiar untuk memperbaiki diri sendiri dari akhlak buruk.

Berikut doa untuk memperbaiki diri sendiri yang dikutip dari laman Nu Online 

اَللَّهُمَّ اهْدِنِي لِأَحْسَنِ الأَخْلَاقِ، لَا يَهْدِي لِأَحْسَنِهَا إِلَّا أَنْتَ وَاصْرِفْ عَنِّي سَيِّئَهَا لَا يَصْرِفُ عَنِّي سَيِّئَهَا إِلَّا أَنْتَ 

Latin: Allāhummahdinī li ahsanil akhlāq. Lā yahdī li ahsanihā illā anta. Washrif ‘annī sayyi’ahā. Lā yashrifu ‘anni sayyi’ahā illā anta.

Artinya: “Ya Allah, bimbimbinglah diriku pada akhlak paling terpuji karena tidak ada yang dapat membimbing kepadanya kecuali Engkau. Palingkanlah aku dari akhlak yang buruk karena sungguh tidak ada yang dapat memalingkannya dariku kecuali Engkau.”

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Batin Terluka, Tak Terlihat Tapi Dampaknya Nyata

Semoga setelah membaca ini kita bisa dijauhkan dari akhlak buruk dan bisa memperbaiki diri dengan baik. 

Sumber: NU Online

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT