Sukabumi Update

Arti Telinga Berdenging Menurut Primbon Jawa, Ada Yang Bergosip?

Ilustrasi. Julid | Arti Telinga Berdenging Menurut Primbon Jawa, Ada Yang Bergosip? (Sumber : Freepik/@drobotdean)

SUKABUMIUPDATE.com - Telinga berdenging menjadi salah satu hal yang kerap dikaitkan dengan berbagai mitos. Salah satu mitos terkenal soal telinga berdenging adalah nasib seseorang yang mengalaminya.

Maka tak heran banyak yang bertanya-tanya apa arti telinga berdenging menurut Primbon Jawa. Merujuk suara.com, menurut Primbon Jawa, telinga kiri atau kanan berdenging bisa menandakan nasib seseorang.

Biasanya, telinga berdenging sering dikaitkan dengan kesialan yang akan datang bagi seseorang yang mengalaminya. Namun, ada kemungkinan bahwa hal ini adalah pertanda baik.

Arti Telinga Berdenging Menurut Primbon Jawa

Telinga kiri atau kanan berdenging terjadi karena ada perbedaan tekanan udara di dalam dan luar telinga. Berdasarkan ilmu medis, telinga kanan atau kiri berdenging memang merupakan hal yang wajar terjadi.

Baca Juga: 10 Tips Cantik Alami, Aura Positif Keluar dari Dalam Tubuh

Sementara, jika menurut Primbon Jawa, mitos telinga berdenging dibawa oleh kepercayaan masyarakat terdahulu. Arti telinga kiri atau kanan berdenging rupanya bukan sekadar tekanan udara yang berbeda.

Sebagian mitos yang sekarang beredar di masyarakat, apabila seseorang mengalami telinga kiri atau kanan berdenging secara tiba-tiba, maka dianggap sebagai pertanda sesuatu. Yakni ada orang yang sedang menggunjingnya atau sedang berbincang-bincang tentangnya.

Meski mitos ini tidak sepenuhnya salah, akan tetapi juga mitos telinga berdenging juga belum tentu benar. Maka sebaiknya tidak langsung mempercayai mitos tersebut seratus persen.

Berdasarkan kitab Primbon Mujarobat Jawa yang diwujudkan pada masa penyebaran Islam di Nusantara, arti telinga kiri atau kanan berdenging tidak sesederhana itu. Arti telinga berdenging sendiri bisa dibedakan sesuai telinga mana yang berdenging, apakah itu telinga kanan atau kiri, serta menurut jam terjadinya.

Baca Juga: 9 Doa Pembuka Aura Wajah Agar Cerah Bercahaya dan Dicintai Orang

Arti telinga kanan berdenging menurut Primbon Jawa adalah akan ada kebaikan dan keburukan yang akan dirasakan oleh seseorang yang mengalaminya. Sementara itu, arti telinga kiri berdenging bisa menjadi sebuah pertanda tentang kejadian yang akan dialami.

Telinga yang berdenging sebetulnya bisa berhenti dan hilang secara alami saat tekanan udara di dalam dan luar telinga telah seimbang. Akan tetapi, hal tersebut bisa terjadi berulang-ulang dan menganggu kenyamanan serta konsentrasi.

Adapun cara mengatasi telinga yang berdenging terus menerus yaitu bisa dilakukan dengan membuka mulut lebar-lebar agar tekanan udara dalam dan luar tubuh seimbang.

Sumber: Suara.com/Rishna Maulina Pratama

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT