Sukabumi Update

Bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh dan Waktu Pelaksanaan di Bulan Safar

Ilustrasi. Bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh dan Waktu Pelaksanaan di Bulan Safar (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Puasa Ayyamul Bidh menjadi salah satu amalan sunnah yang dianjurkan dilaksanakan setiap bulannya termasuk di bulan Safar.

Puasa ini umumnya dilaksanakan pada pertengahan bulan yaitu tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulan dalam kalender Hijriyah.

Melansir dari laman mui.or.id, dinamakan Ayyamul Bidh karena pada waktu pelaksanaan ibadah ini cahaya bulan dalam keadaan lebih bercahaya dan lebih terang dibandingkan malam-malam lainnya.

Baca Juga: Doa Nabi Yusuf Agar Wajah Bercahaya, Amalan Pembuka Aura Positif

Untuk bulan Safar tahun ini sendiri, puasa Ayyamul Bidh dilaksanakan bertepatan pada;

  • Rabu, 13 Safar (30 Agustus 2023)
  • Kamis, 14 Safar (31 Agustus 2023)
  • Jumat, 15 Safar (1 September 2023)

Bacaan Niat Puasa Sunnah Safar

Melansir dari laman MUI, berikut bacaan niat puasa Ayyamul Bidh adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ayyamal bidhi sunnatan lillahi ta’ala.

Artinya: “Saya niat berpuasa besok pada (ayyamul bidh) hari-hari putih, sunnah karena Allah Ta’ala.”

Niat tersebut, layaknya puasa sunnah lainnya, boleh dilakukan dalam hati pada malam hari, maupun di siang harinya sebelum tergelincir matahari.

Baca Juga: 7 Amalan Hari Jumat yang Dapat Datangkan Pahala Berlimpah, Yuk Lakukan!

Amalan di Bulan Safar

Dilansir dari NU Online, ada tiga amal berlipat ganda pada bulan Safar, di antaranya:

Pertama, amal kebaikan yang pahalanya 10 kali lipat. Kedua, amal kebaikan yang pahalanya 700 kali lipat. Ketiga, amal kebaikan yang pahalanya lebih dari 700 kali lipat.

Pertama, amal kebaikan yang berpahala 10 kali lipat, Imam an-Nawawi menyampaikan bahwa atas dasar rahmat Allah setiap kebaikan pasti pahalanya dilipatgandakan sampai 10 kali lipat.

Kedua, amal kebaikan yang berpahala 700 kali lipat, untuk perjuangan jihad fi sabilillah. Hal ini sesuai sabda Nabi Muhammad saw:

“Siapa saja yang mengirim donasi untuk perjuangan jihad fi sabilillah sementara ia sendiri hanya diam di rumha (tidak ikut berangkat berjuang), maka baginya setiap donasi satu dirham mendapat pahala 700 dirham,” (HR. Ibnu Majah).

Baca Juga: Kenali 5 Amalan Agar Doa Cepat Dikabulkan Allah SWT, Umat Muslim Harus Tahu!

Ketiga, amal kebaikan yang berpahala lebih dari 700 kali lipat yakni dengan memperbanyak zikir ketika memasuki pusat perbelanjaan. Hal ini sesuai dengan sabda Rasul:

“Siapa saja yang masuk ke pasar lalu membaca dzikir yang artinya: ‘Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya kerajaan dan bagi-Nya pujian, Allah Dzat yang menghidupkan dan yang membinasakan, Allah Dzat adalah Yang Maha Hidup yang tidak akan pernah binasa, hanya pada kekuasan-Nya lah kebaikan, dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu’; maka Allah pastikan bagi orang yang membacanya itu sejuta kebaikan, Allah lebur darinya sejuta keburukan, dan Allah angkat baginya sejuta derajat.”

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT