Sukabumi Update

Bacaan Doa Hendak Memakai Pakaian, Dapat Diamalkan Sehari-hari

Ilustrasi. Bacaan Doa Memakai Pakaian, Dapat Diamalkan Sehari-hari| Foto: Pexels/RODNAE Production

SUKABUMIUPDATE.com – Bagi umat muslim pakaian adalah barang berharga yang digunakan untuk terlihat bersih, menutup aurat, sopan, hingga melindungi diri. Bahkan, saat akan mengenakannya, dianjurkan untuk berdoa oleh Rasulullah SAW.

Bagi, umat muslim yang membaca doa memakai pakaian akan Allah SWT berikan perlindungan dari segala gangguan ketika mengenakan pakaian di luar rumah.

Tidak hanya itu, membaca doa memakai pakaian merupakan ungkapan rasa syukur dari umat muslim kepada Allah SWT atas keberkahan yang diberikan berupa pakaian bersih dan layak.

Baca Juga: Bacaan Doa Minta Jodoh yang Baik dan Keturunan Sholeh Sholehah

Seperti diketahui, dalam Islam segala sesuatu yang akan dilakukan selalu disertai doa-doa, termasuk saat memakai pakaian. Tujuannya untuk mengingatkan umat muslim bahwa keberkahan yang diberikan berasal dari Allah SWT.

Berikut doa memakai pakaian dengan latin yang dikutip dari Nu Online
Doa memakai pakaian


اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَا هُوَ لَهُ ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا هُوَ لَهُ


Allâhumma innî as’aluka min khairhi wa khaira mâ huwa lahu, wa a‘ûdzubika min syarrihi wa syarri mâ huwa lahu

Baca Juga: Doa yang Dibaca Rasulullah SAW Saat Musim Kemarau Agar Turun Hujan

Artinya: "Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu kebaikan pakaian ini dan kebaikan sesuatu yang di dalamnya, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan pakaian ini dan keburukan sesuatu yang ada di dalamnya.”

Bagi umat muslim yang mempunyai pakaian baru dan ingin dikenakan lafalkanlah doa yang dianjurkan Rasulullah SAW, seperti berikut:

Doa Memakai Pakaian Baru


اللّٰهُمَّ لَكَ الحَمْدُ اَنْتَ كَسَوْتَنِيْهِ، أَسْأَلُكَ خَيْرَهُ وَ خَيْرَ مَا صُنِعَ لَهُ، وَ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَ شَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ


Allahumma laka alhamdu anta kasawtanihi, as-aluka khayrahu wa khayra ma suni’a lahu, wa a’udhu bika min sharrihi wa sharri ma suni’a lahu.

Baca Juga: Doa Ketika Tertimpa Musibah, Yuk Amalkan Agar Kita Senantiasa Ingat Kepada Allah

Artinya: “Ya Allah, untuk-Mu segala pujian yang Engkau berikan kepadaku pakaian ini. Aku memohon kepada-Mu kebaikan pakaian ini dan kebaikan apapun yang dibuat untuknya, serta aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan pakaian ini dan kejelekan apapun yang dibuat untuknya.”

Itulah doa memakai pakaian yang dapat diamalkan oleh umat muslim ketika mengenakan pakaian sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Writer: Octa

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT