Sukabumi Update

Doa Berlindung dari Ilmu yang Tidak Bermanfaat, Yuk Amalkan Agar Allah Selamatkan

Doa Berlindung dari Ilmu yang Tidak Bermanfaat, Yuk Amalkan Agar Allah Selamatkan (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Menuntut ilmu adalah kewajiban kita semua agar menjadi manusia yang pintar dan berguna. Oleh karenanya, kita dituntut untuk mempelajari ilmu sejak dari kecil.

Namun, alangkah baiknya kita sebagai umat Muslim untuk senantiasa membaca doa agar terlindung dari ilmu yang tidak bermanfaat. Doa ini mengingatkan kita untuk selalu fokus pada ilmu yang memberikan manfaat baik dunia maupun akhirat.

Berikut adalah doa-doa berlindung dari ilmu yang tidak bermanfaat yang dikutip Imam Al-Ghazali dalam kitab Al-Hidayah dari Rasulullah SAW.

Baca Juga: 8 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kepribadian, Apa Kamu Punya Salah Satunya?



Doa Pertama

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُبِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ وَقَلْبٍ لا يَخْشَعُ وَعَمَلٍ لَا يُرْفَعُ وَدُعَاءٍ لَايُسْمَعُ

Artinya: Ya Allah aku berlindung dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyu', amal yang tidak diangkat diterima, dan doa yang tidak didengar

Doa Kedua

اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي, وَعَلِّمْنِيْ مَايَنْفَعُنِيْ, وَ زِدْنِيْ عِلْمًا

Artinya: Ya Allah, berilah manfaat kepadaku dengan apa-apa yang Engkau ajarkan kepadaku, dan ajarkanlah aku apa-apa yang bermanfaat bagiku, dan tambahkanlah ilmu kepadaku. (HR. at-Tirmidzi)

Baca Juga: 12 Sikap Agar Hidup Bahagia dan Tidak Terpengaruh dengan Omongan Orang Lain



Doa Ketiga

اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي وَزِدْنِي عِلْمًا الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ وَأَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ حَالِ أَهْلِ النَّارِ

Artinya: Ya Allah, Jadikanlah ilmu yang Engkau ajarkan kepadaku bermanfaat bagiku. Ajarkanlah kepadaku ilmu yang berguna untukku dan tambahkanlah ilmu padaku. Segala puji bagi Allah atas segala hal, aku berlindung kepada Allah dari keadaan dan segala hal yang dilakukan penghuni neraka. (HR at-Tirmidzi, Ibnu Majah)

Dengan membaca doa diatas, semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk dan ilmu yang bermanfaat kepada kita semua. Aamiin.

Baca Juga: 13 Cara Membangun Citra Positif Agar Tidak Direndahkan Orang Lain

Sumber: NU Online

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT