Sukabumi Update

7 Ciri Tatapan Mata Seseorang yang Sedang Berbohong, Pasti Ketahuan!

Ilustrasi - 7 Ciri Tatapan Mata Seseorang yang Sedang Berbohong, Pasti Ketahuan!. (Sumber : Freepik.com/@benzoix.)

SUKABUMIUPDATE.com - Tatapan mata seseorang yang berbohong dapat mengungkapkan beberapa ciri-ciri tertentu, meskipun penting untuk diketahui bahwa tidak ada satu tanda spesifik yang bisa dengan pasti menentukan bahwa seseorang berbohong.

Namun, ciri orang yang sedang berbohong dapat dilihat dari sikapnya yang berbeda dari orang pada umumnya. Bahkan, orang awam pun bisa mengenali geliat orang berbohong dari tatapan matanya.

Beberapa ini ada beberapa ciri tatapan mata yang dapat mengindikasikan seseorang sedang berbohong, dihimpun dari berbagai sumber.

Baca Juga: 8 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kepribadian, Apa Kamu Punya Salah Satunya?

1. Tatapan Kosong

Tatapan mata kosong atau tatapan yang tampak tidak terfokus bisa menjadi salah satu ciri seseorang sedang berbohong. Ini karena ketika seseorang berbohong, otak mereka mungkin bekerja keras untuk merancang cerita atau menjawab pertanyaan dengan tidak jujur, yang bisa mengalihkan perhatian mereka dari interaksi yang sebenarnya.

2. Memejamkan Mata

Memejamkan mata tak melulu menandakan orang mengantuk saja, tapi bisa jadi ciri seseorang yang berbohong, tetapi ini bukan indikator yang pasti atau khusus untuk memastikan kebohongan.

Perubahan dalam ekspresi mata, termasuk memejamkan mata atau mengatupkan mata dengan kuat, bisa terjadi ketika seseorang merasa cemas, tidak nyaman, atau merasa tertekan. Ini mungkin terjadi ketika seseorang berusaha untuk menyembunyikan kebenaran atau merasa terjebak dalam situasi yang membutuhkan kebohongan.

Baca Juga: 12 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apa Kamu Salah Satunya?

3. Mengarahkan Mata ke Arah Kanan

Seseorang yang kedapatan berbohong biasanya akan mengarahkan atau melirik arah pandangan matanya ke kanan ketimbang menatap lawan bicaranya. Hal itu bisa saja menjadi pertanda bahwa ia sedang dalam kondisi yang tidak nyaman.

Orang tersebut bermaksud untuk mengalihkannya karena merasa terintimidasi oleh pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepadanya. Karena sudah terlanjur berbohong, ia pun takut jika menatap mata langsung.

4. Menatap ke Arah Bawah

Banyak hal yang bisa dilakukan orang ketika sedang berbohong, salah satunya dengan menatap ke arah bawah kanan. Mereka melakukan itu karena tak ingin aroma kebohongannya tercium oleh orang di hadapannya.

Baca Juga: 10 Sikap Elegan yang Membuatmu Tidak Dipandang Rendah Orang Lain

5. Mengedipkan Mata

Saat seseorang mengedipkan mata secara berlebihan sering dikaitkan dengan kekhawatiran atau kecemasan. Beberapa kemungkinan dapat terjadi ketika orang kerap mengedipkan mata saat diajak bicara.

Bisa jadi karena dia tidak tenang atau sedang berbohong, hal itu mereka lakukan karena sedang dalam kondisi tidak nyaman. Seseorang yang merasa tertekan karena berbohong, ia cenderung akan mengedipkan sampai enam kali dalam sekali waktu.

6. Kerap Menggerakkan Bola Mata

Bola mata seseorang yang sedang berbohong cenderung tidak tenang dan akan bergerak ke arah kanan dan kiri. Ini sebagai reaksi ketika ia menyembunyikan kegelisahannya dan ketidaknyamanannya saat menjawab pertanyaan.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Bau Ketiak Secara Alami Agar Badan Kembali Harum

7. Tatapan yang Tidak Konsisten

Seseorang yang berbohong mungkin memiliki tatapan yang tidak konsisten. Mereka mungkin tidak dapat mempertahankan tatapan mata secara konsisten selama percakapan.

Mereka seakan tak mau jika aksi kebohongannya terungkap. Maka tatapan yang tidak konsisten menunjukan bahwa ia sedang gelisah dan tidak nyaman dengan pertanyaan yang dihadapkannya.

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT